Selasa 30 Oct 2012 12:30 WIB

Lima Kandidat Kuat Peraih Balon d'Or: Lionel Messi (3)

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Hafidz Muftisany
Lionel Messi berpose bersama tiga tropi FIFA Ballon d'or yang diraihnya pada 2009, 2010, dan 2011.
Lionel Messi berpose bersama tiga tropi FIFA Ballon d'or yang diraihnya pada 2009, 2010, dan 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, 3. Lionel Messi.

Sebuah nama yang terdiri dari dua kata bahasa latin yang memiliki arti (Lionel); Singa muda dan (Messi atau Messiah); sang penyelamat. Sejak tahun 2009, dua suku kata ini memiliki pengertian baru yakni pemain sepak bola terbaik di muka bumi.

Dialah penyerang klub FC Barcelona kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987 yang lalu yang sukses menjadi pemain Argentina pertama peraih gelar Ballon d’Or (pemain terbaik dunia) tahun 2009.

Sejak itu hingga kini, Balon d'Or seolah jadi rutinitas bagi pemain yang pada massa mudanya sempat didiagnosis memiliki penyakit kelainan gen tersebut.Sosok Messi sejatinya tidak memiliki perawakan sangar bak singa muda.

Postur tubuhnya pun jauh dari kesan ideal seorang juru selamat ataupun super hero. Sebaliknya, fisik Messi lebih menyerupai rata-rata pemuda di tanah Jawa dengan tinggi 169 sentimeter dan bobot tubuh 67 kilogram.

Namun segala keterbatasan itu jadi tidak ada artinya karena dua pasang kaki Messi sudah cukup untuk menaklukkan “kejamnya” dunia sepak bola .Namun tahun ini, Messi bisa saja kehilangan gelar pemain terbaik dunia untuk pertama kalinya. Pasalnya, Messi belum bisa membuktikan bahwa prestasi individu bisa bertuah di luar Barcelona.

Hingga kini, Messi belum bisa membawa prestasi bagi tanah kelahirannya Argentina.Terkait hal ini, presiden UEFA, Michael Platini memberikan pembelaan.

“Saya kira dia tinggal menunggu waktu saja untuk berprestasi bersama Argentina. Ingat umurnya masih 24 tahun, artinya masih ada tiga Piala Dunia yang bisa dia menangkan,” ujar Platini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement