Kamis 08 Nov 2012 04:51 WIB

Dramatis, Chelsea Tumbangkan Shakhtar 3-2

Bomber Chelsea, Fernando Torres, dikepung dua pemain Shakhtar Donetsk pada laga Grup E Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (8/11) dini hari.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Bomber Chelsea, Fernando Torres, dikepung dua pemain Shakhtar Donetsk pada laga Grup E Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (8/11) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Chelsea berhasil membalas kekalahannya atas Shakhtar Donetsk dua pekan lalu. Menjamu tim Ukraina tersebut pada lanjutan Grup E Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (8/11) dini hari, The Blues berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 3-2.

Pemain pengganti Victor Moses menjadi pahlawan kemenangan The Blues pada pertandingan tersebut. Baru masuk di menit ke-80, penyerang asal Nigeria itu mencetak gol di menit ke-94 lewat sundulannya memanfaatkan sepak pojok.

Kemenangan tersebut membuat Chelsea mengambil alih posisi Shakhtar di puncak klasemen sementara Grup E meskipun kedua tim sama-sama memiliki 7 poin. Keduanya dibuntuti Juventus di posisi ketiga dengan poin 6 setelah di saat bersamaan membantai klub Denmark, Nordsjaelland 4-0.

Pada pertandingan tersebut, Chelsea diuntungkan oleh dua kali blunder yang dilakukan kiper Andriy Pyatov sehingga membuat Shakhtar dua kali kebobolan di babak pertama. Gol pertama yang dicetak Chelsea berawal dari kesalahan Pyatov yang hendak membuang bola di menit keempat.

Menerima umpan backpass, tendangan kiper timnas Ukraina itu membentur badan Fernando Torres dan berbalik masuk ke gawang sendiri.

Shakhtar sempat memperkecil ketinggalan lima menit berselang lewat Willian. Pemain asal Brasil itu menyelesaikan sebuah kerjasama cantik di lini pertahanan Chelsea dengan sebuah tendangan terarah yang tak mampu dicegah kiper Petr Cech.

Setelah kedudukan imbang sebenarnya penguasaan bola kedua tim berimbang. Shakhtar seolah tidak mau penguasaan bola dikendalikan Chelsea.

Akan tetapi bencana Shakhtar terjadi di menit ke-40, saat sebuah backpass tidak sempurna berusaha dihalau Pyatov dengan maju meninggalkan gawangnya. Sial bagi Pyatov, sundulannya mengarah tepat ke Oscar yang langsung menendang dari tengah lapangan dan masuk mulus ke gawang yang telah kosong.

Gol cantik pemain muda Brasil itu mengubah kedudukan menjadi 2-1 dan skor tersebut bertahan hingga jeda.

Selepas jeda, Shakhtar langsung menekan skuat Roberto Di Matteo tersebut. Hasilnya, baru kedua menit laga berjalan mereka berhasil mencetak gol, lagi-lagi lewat Willian yang menyelesaikan umpan silang kapten Shakhtar, Darijo Srna.

Setelah itu kedua tim silih-berganti saling menyerang. Chelsea sempat mencetak gol di menit ke-66 lewat sundulan John Obi Mikel memanfaatkan tendangan bebas Juan Mata. Sayang gol tersebut dianulir karena ia terjebak offside.

Menit ke-74 Ramires terjatuh di kotak penalti Shakhtar setelah terlibat kontak dengan Srna. Namun wasit tidak menunjuk titik putih walaupun pemain Brasil itu sempat melakukan protes.

Chelsea akhirnya memastikan kemenangannya di menit terakhir, tepatnya di menit ke-94. Berawal dari sepak pojok Juan Mata, Moses yang tak terkawal menyundul bola masuk ke sudut gawang Shakhtar. Chelsea pun menang dramatis 3-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement