Rabu 14 Nov 2012 23:06 WIB

Ketika 'Si Mantan' Bikin Susah Garuda

Bambang Pamungkas dikepung beberapa dua pemain Timor Leste.
Foto: Antarafoto
Bambang Pamungkas dikepung beberapa dua pemain Timor Leste.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarah sepak bola Timor Leste memang baru seumur jagung. Meski begitu, toh eks provinsi termuda Indonesia itu mampu bikin susah si mantan dalam laga persahabatan.

Indonesia memang menang, tapi Tim Garuda hanya mampu satu kali menjebol gawang tim peringkat ke-187 Dunia FIFA itu. Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar mengakui performa anak asuhnya belum maksimal di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (14/11).

Bahkan, jika Bambang Pamungkas tidak menjebol jala Timor Leste di menit ke-66, Indonesia bakal dirundung malu. Hasil yang bisa dibilang minor ini, membuat Indonesia diragukan mereguk sukses di Piala AFF 2012 yang digelar di Malaysia.

"Memang belum sesuai dengan harapan. Tapi masih ada satu pertandingan ujicoba lagi. Semoga dapat apa yang diinginkan," kata Nil Maizar usai pertandingan, seperti dinukil dari Antaranews, Rabu (14/11).

Nil berpendapat, pada babak pertama permainan Elie Aiboy Cs memang kurang rapi. Sehingga serangan yang dibangun mampu dibaca dan dimentahkan barisan pertahanan Timor Leste.

Selain itu, kata dia, transisi permainan antara lini depan, lini tengah dan lini belakang juga belum maksimal. Kondisi ini mampu dimanfaatkan lawan untuk melakukan tekanan. Lini serang Indonesia dinilai belum maksimal dan kurang tajam dalam memanfaatkan peluang.

"Tapi kami akan terus mencoba. Dari pertandingan tadi sudah bisa dijadikan gambaran untuk kedepannya," tegas mantan pelatih Semen Padang itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement