Kamis 15 Nov 2012 05:01 WIB

Tekuk Yordania, Irak Kian Berpeluang ke Brasil

Tim sepak bola Irak
Foto: ... sreshka-sport.blogspot.com
Tim sepak bola Irak

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA--Lewat Gol telat yang disarangkan penyerang Hammadi Ahmed, tim muda Irak meraih kemenangan penting 1-0 atas Yordania di kualifikasi Piala Dunia 2014 pada Rabu (14/11). Hasi itu membuka peluang mereka kembali untuk lolos ke Brasil.

Yordania membuang sejumlah peluang bagus untuk memecah kebuntuan sebelum Ahmed memanfaatkan kesempatan dengan melepaskan tembakan dari jarak 20 meter di tepi kotak penalti pada menit ke-86.

Ini merupakan kemenangan pertama Irak di Grup B pada putaran keempat kualifikasi zona Asia, dan membuat mereka meraih lima poin dari lima pertandingan, unggul satu poin atas Yordania dan seimbang dengan tim peringkat dua, Australia dan Jepang.

Jepang memimpin klasemen grup dengan koleksi 13 poin setelah mengalahkan Oman 2-1 di Muscat, dan merupakan favorit untuk mengamankan satu dari dua tempat otomatis lolos dari fase grup.

Irak, yang oleh FIFA diwajibkan memainkan pertandingan kandang di Qatar karena masalah keamanan di negara mereka, terlihat memiliki peluang paling kecil untuk lolos sebelum pertandingan Rabu setelah sejumlah hasil mengecewakan dan tanpa diperkuat beberapa pemain kunci saat melawan Yordania.

Pelatih asal Brazil Zico memainkan tim yang dihuni para pemain berusia 20 tahun, yang kesulitan meladeni permainan lawan di babak pertama yang diisi sedikit peluang, pada pertandingan antara dua tim yang bertemu untuk keempat kalinya di kualifikasi Piala Dunia, di mana mereka pernah bermain kandang dan tandang di putaran ketiga.

Bagaimanapun, permainan baru lebih hidup pada 30 menit terakhir, di mana upaya Hasan Mahmoud dari Yordania dari jarak tujuh meter mampu digagalkan kiper Irak Noor Sabri.

Peluang lain milik Irak dari tembakan Mahmoud dapat dibendung Sabri pada menit ke-72, sebelum kiper Irak tidak berada di posisi idealnya empat menit kemudian, namun rekan-rekan setimnya mampu menggagalkan dua peluang dari kemelut di garis gawang.

Ahmed kemudian mencetak gol melalui serangan balik, namun Sabri layak menjadi pemain terbaik di pertandingan itu saat ia menggagalkan upaya Yordania dari jarak dekat melalui pemain pengganti Hamza Al Daradreh di menit ke-89.

Kiper itu meninju bola ke udara saat ia jatuh ke belakang garis gawang, sebelum mendorong bola keluar saat Yordania mendapat peluang terakhir di menit-menit akhir pertandingan.

Yordania selanjutnya akan menghadapi tugas berat di kandang sendiri saat menjamu Jepang pada Maret, sedangkan juara Asia 2007 Irak akan memainkan tiga pertandingan terakhir mereka di kualifikasi ini pada Juni dengan melawat ke Oman, dan Australia menjamu Samurai Biru.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement