Kamis 15 Nov 2012 04:56 WIB

Prancis Tundukkan Italia 2-1

Bomber Italia, Stephan El Shaarawy, saat berebut bola dengan bek Prancis, Mathieu Debuchy, pada laga persahabatan di Stadion Ennio Tardini, Italia, Kamis (15/11) dini hari. Gol El Shaarawy gagal menyelamatkan Italia dari kekalahan 1-2 dari Les Bleus.
Foto: AP Photo/Marco Vasini
Bomber Italia, Stephan El Shaarawy, saat berebut bola dengan bek Prancis, Mathieu Debuchy, pada laga persahabatan di Stadion Ennio Tardini, Italia, Kamis (15/11) dini hari. Gol El Shaarawy gagal menyelamatkan Italia dari kekalahan 1-2 dari Les Bleus.

REPUBLIKA.CO.ID, PARMA  --  Partai Italia melawan Prancis pada laga persahabatan yang berlangsung di Ennio Tardini, Parma, Kamis (15/11) dini hari berlangsung sengit. Skor akhir Prancis menang 2-1.

Italia mencetak gol terlebih dahulu lewat bomber muda AC Milan, Stephan El Shaarawy di menit ke-35. Itu adalah gol pertama pemain berjuluk The Little Pharaoh itu untuk Gli Azzurri.

Gol El Shaarawy berawal dari kerjasama antara Mario Balotelli dengan Riccardo Montolivo. Sebuah umpan terobosan Montolivo kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh pemain berusia 20 tahun itu dengan sebuah tendangan kaki kanan yang melewati selangkangan kiper Hugo Lloris.

Namun hanya dua menit waktu yang dibutuhkan Prancis untuk menyamakan kedudukan. Melalui sebuah tusukan di sisi kiri, gelandang Marseille Mathieu Valbuena mampu melewati dua pemain belakang Italia dan menaklukkan kiper Italia, Salvatore Sirigu, melalui sudut sempit. 1-1.

Laga babak pertama tersebut diwarnai dengan penampilan cantik Marco Verratti yang menggantikan Andrea Pirlo sebagai starter. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) berusia 20 tahun itu sangat elegan bermain di posisi deep-lying playmaker. Sejumlah teknik bermainnya beberapa kali memancing aplaus para fans Italia yang memadati stadion.

Di awal babak kedua, baik Italia maupun Prancis sama-sama menurunkan pemain pengganti. Di kubu Azzurri, Andrea Pirlo, Emanuele Giaccherini, dan Alessandro Florenzi masuk menggantikan Verratti, Marchisio, dan Montolivo. Adapun Prancis memasukkan sejumlah nama seperti Jeremy Menez dan Bafetimbi Gomis.

Pergantian tersebut tak berjalan cukup baik bagi Italia yang terlihat kesulitan mendekati gawang Prancis. Sedangkan Les Bleus justru membuat kedudukan 2-1 di menit ke-67 saat umpan Menez dimanfaatkan oleh Evra dengan tendangan spekulasi ke mulut gawang Italia. Gomis yang berdiri bebas mencocor bola ke gawang Italia yang kosong. 2-1.

Seolah tersengat dengan gol itu, pelatih Cesare Prandelli langsung memasukkan sejumlah pemain seperti Angelo Diamanti dan Sebastian Giovinco untuk mempertajam serangannya. Peluang demi peluang pun diraih para pemain Italia, salah satunya saat tendangan Giaccherini membentur tiang gawang Prancis. Hingga babak kedua berakhir kedudukan tak berubah 2-1 untuk Prancis.

Susunan pemain Italia versus Prancis:

Italia: Sirigu; Maggio, Barzagli (Bonucci 46), Chiellini, Balzaretti; Montolivo (Florenzi 50), Verratti (Pirlo 50), Marchisio (Giaccherini 50); Candreva (Giovinco 70), Balotelli, El Shaarawy (Diamanti 73)

Prancis: Lloris; Debuchy (Reveillere 46), Sakho, Koscielny, Evra; Capoue (Gonalons 84), Matuidi, Sissoko (Tremoulinas 90); Valbuena (Gourcuff 73), Giroud (Menez 64), Ribery (Gomis 64)

Wasi8t: Mallenco (SPA)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement