Selasa 20 Nov 2012 11:17 WIB

Latihan Terakhir, Timnas Perbaiki Koordinasi Antarlini

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Hafidz Muftisany
Para pemain Timnas Indonesia yang turun pada laga persahabatan melawan Kamerun di Gelora Bung Karno, Sabtu (17/11).
Foto: ROL/Fafa
Para pemain Timnas Indonesia yang turun pada laga persahabatan melawan Kamerun di Gelora Bung Karno, Sabtu (17/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ajang Piala AFF 2012 tinggal menghitung hari. Tim nasional Indonesia pun akhirnya menjalani latihan terakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11).

Usai menjalani dua laga uji coba melawan Timor Leste dan Kamerun pekan lalu, ada beberapa hal yang masih perlu dievaluasi dari permainan anak-anak Garuda. Yakni lini pertahanan, finishing atau penyelesaian akhir, dan kordinasi antar lini.

Lini pertahanan dan penyelesaian akhir sudah dievaluasi secara khusus dalam sesi latihan Senin (19/11). Sedangkan pada sesi kali ini, Elie Eiboy dan kawan-kawan secara intensif diinstruksikan untuk memperkuat kordinasi pemain antarlini.

"Latihan terakhir di Indonesia ini kita mencoba mematangkan taktikal dan strategi. Terutama membangun kordinasi pemain supaya tidak ada jarak antar lini," kata pelatih timnas Nil Maizar usai memimpin sesi latihan, Selasa (20/11).

 

Latihan diikuti 23 pemain yang saat ini mengisi skuat timnas. Kordinasi antar pemain ditingkatkan dengan melakukan gim kecil 'kucing-kucingan' antar empat pemain selama kurang lebih 15 menit. Nil Maizar pun sesekali memberikan arahan kepada pemain agar terus menjaga jarak saat menguasai bola. Tujuannya agar tidak mudah kecolongan bola oleh tim lawan.

Setelah itu, latihan dilanjutkan dengan menjalani simulasi pertandingan satu lapangan penuh. Tim Hijau diisi oleh Wahyu Tri Nugroho,  Tonnie Cusell, Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim,  Taufiq, Andik Vermansyah, Handi Ramdhan, Okto, Novan setya, dan Nopendi.

Sedangkan tim orange diperkuat Endra Prasetya, Valentino, Rasyid Bakri, Arthur Irawan, Van Beukering, Vendry Mofu, Elie aiboy, M. Rahmat, Cornelius Gedy, Samsul Arif, dan Fachrudin. Sementara Raphael Maitimo lebih dulu diistirahatkan sebelum akhirnya menggantikan Handi Ramdhan.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement