Jumat 23 Nov 2012 16:59 WIB

Laos, Kekuatan Kejutan Asia Tenggara

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Hafidz Muftisany
Timnas Laos
Foto: affsuzukicup
Timnas Laos

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Boleh jadi tim nasional Laos dicap sebagai tim paling lemah di grup B Piala AFF 2012 dibandingkan juara bertahan Malaysia, Singapura dan Indonesia. Namun, Thim Xad -julukan tim nasional Laos- tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja sepak terjangnya oleh lawan.

Di luar dugaan, Laos terkadang mampu membuat kejutan. Mungkin masih lekat di ingatan para pecinta si kulit bundar ketika Laos mempertontonkan permainan sepak bola briliannya dalam laga perdana Piala AFF 2010.

Ketika itu, Laos yang sama sekali tidak diunggulkan, membuat kejutan dengan menahan seri Thailand 2-2 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Padahal ketika itu Thailand adalah tim unggulan selain Malaysia dan Indonesia.

Berbicara prestasi Laos di Piala AFF memanglah sangat buruk. Dalam tujuh kali gelaran Piala AFF, Laos tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup. Bahkan, di Piala AFF 2008 lalu Laos tersingkir setelah menelan kekalahan dari semua lawannya di grup B, yakni Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Meski fakta sejarah Laos tidak begitu moncer, tapi para pesaingnya di grup B Piala AFF 2012, termasuk Indonesia jangan terlena. Tim asuhan Kokichi Kimura ini bisa saja kembali membuat kejutan di Bukit Jalil, Malaysia dalam babak penyisihan grup B.

Laos memastikan diri lolos ke Piala AFF 2012 usai bermain imbang tanpa gol melawan Myanmar di babak kualifikasi. Berkat dua kemenangan dan satu hasil imbang, koleksi tujuh poin yang berhasil dikemas sudah cukup meloloskan Laos ke babak utama penyisihan grup Piala AFF 2012.

Namun, lolosnya Laos ke babak utama penyisihan grup Piala AFF 2012 tidak membuat Kimura puas akan tim besutannya. Pelatih asal negeri Sakura itu mengatakan timnya tidak bermain sesuai ekspektasinya.

Berhasil dapat satu tiket ke babak utama penyisihan grup Piala AFF 2012, Manajer Timnas Laos, Kei Homma, seperti dikutip laman resmi affsuzukicup, mengatakan timnya terus berbenah diri.

"Setelah memastikan lolos ke babak grup, saat ini kami langsung mempersiapkan diri. Kami sangat senang dengan prestasi ini (lolos) dan akan memberikan yang terbaik di tahap berikutnya," kata Homma.

Agar tidak diremehkan lawannya di grup B Piala AFF 2012, Laos sudah mencari tahu seluk beluk kelemahan dan kekuatan tim Malaysia, Singapura dan Indonesia. Homma menyampaikan informasi lengkap terkait lawan Laos tersebut kemudian dianalisa secara mendalam.

Bahkan sebelum berangkat ke Piala AFF 2012, Laos sudah melakukan uji coba. Laos melawan salah satu klub peserta Liga Thailand, Krabi FC. Gol semata wayang Soukaphone Vongchiengkham di babak kedua berhasil membawa Laos menang.

Laos juga sempat mengikuti Turnamen VFF Cup 2012 yang digelar di Vietnam belum lama ini. Sayangnya, Laos tidak menunjukkan permainan maksimalnya. Tim asuhan Kimura tak berdaya melawan Vietnam, Turkmenistan dan Korea Selatan-U23

Skuat Laos

Kiper

Sengathit Somvang; Sengphachan-bounthisanh; Soukthavy Soundala; Souvanpheng Phanthavong

Bek

Chanthala Phetthavanh; Khamla Pinkeo; Khampoumy Hanevilay; Kovanh Namthavixay; Odien Syharlas; Ole Bousaath; Saychon Khunsamnam; Saynakhonevieng Phommapanya; Souksamay Manhmanyvong; Sousadakone Liepvisay; Thenthong Phonsettha; Thotnilath Sibounhuang

Gelandang

Chanthaphone Waenvongsoth; Daoneua Siviengxay; Keoviengpheth Lithideth; Ketsada Souksavanh; Khanlaya Sysomvang; Khonesavanh Sihavong; Khounta Sivongthog; Phatthana Syvilay; Phonepaseuth Sysoutham; Sibounhuang Thotnilath; Sompong Manivanh; Soukaphone Vongchiengkham; Viengsavanh Sayyaboun; Vilayout Sayyabounsou

Penyerang

Khampheng Sayavoutthi; Khanthavong Sitthideth; Kita Sysavath; Sopha Saysana; Visay Phaphouvanin; Xaisongkham Champathon

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement