Sabtu 24 Nov 2012 09:50 WIB

Peter Shilton, Pemegang Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Inggris

Rep: Angga Indrawan/ Red: Fernan Rahadi
Aksi kiper Peter Shilton saat Inggris dan Belanda bertemu di babak penyisihan grup Piala Eropa 1988.
Foto: www.telegraph.co.uk
Aksi kiper Peter Shilton saat Inggris dan Belanda bertemu di babak penyisihan grup Piala Eropa 1988.

REPUBLIKA.CO.ID, Peter Shilton masih menjadi bagian dari sejarah tim nasional Inggris sebagai pemegang caps terbanyak dengan 125 caps. Torehan Shilton, berhasil mengungungguli legenda Inggris lainnya, Booby Moore dengan raihan 108 penampilan.

Shilton, penjaga gawang legendaris The Three Lions, mengawali debutnya untuk timnas pada hari ini 42 tahun yang lalu, tepatnya 25 November 1970. Penampilan perdananya, bertepatan saat Inggris sukses mencukur Jerman Timur 3-1 saat laga persahabatan di Stadion Wembley.

Masih berusia 21 tahun saat itu, Shilton tampil cukup gemilang dengan hanya kemasukan gol oleh Jerman melalui tendangan Eberhard Vogel pada menit ke-27. Vogel sendiri merupakan pemain terbaik Jerman pada 1969. Sementara itu, Inggris sendiri memantapkan kemenangan lewat gol Francis Lee (12'), Martin Peters (21'), dan Allan Clarke (63').

Atas performa ciamiknya tersebut, pelatih Inggris saat itu, Sir Alf Ramsey mendapuknya sebagai penjaga gawang utama tim nasional Inggris menggantikan Gordon Banks. Sejak saat itu, Shilton yang juga terdaftar sebagai penjaga gawang Leicester City, menjadi penjaga gawang yang paling disegani di kancah sepak bola Eropa.

Hingga pada 1990, saat Shilton memutuskan untuk gantung sarung tangan, rekornya sampai kini belum tersentuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement