Sabtu 24 Nov 2012 15:12 WIB

Brasil Pecat Mano Menezes

Rep: abdulah sammy/ Red: Taufik Rachman
Mano Menezes
Mano Menezes

REPUBLIKA.CO.ID,RIO DE JANEIRO--Dua tahun sebelum berlangsungnya Piala Dunia 2014, tuan rumah Brasil memecat pelatihnya, Mano Menezes. Keputusan mengejutkan ini diambil federasi sepak bola Brasil, CBF, usai tim Samba takluk 1-2 dalam laga uji coba Super Clasico melawan Argentina.

Kendati di ajang persahabatan yang menggunakan format kandang dan tandang ini Brasil keluar sebagai pemenang lewat babak adu penalti, namun CBF tetap tidak puas dengan performa Samba. Pasalnya, performa Brasil di tangan Menezes dinilai tidak menunjukkan kemajuan.

Menezes yang mulai menukangi tim Samba usai Piala Dunia 2010, tercatat gagal di Copa America 2011 setelah kalah di perempatfinal dari Paraguay. Catatan kegagalan Menezes pun bertambah di Olimpiade London 2012. Kendati menurunkan pemain terbaiknya seperti Neymar, Alexandre Pato, dan Thiago Silva, Brasil gagal membawa pulang emas setelah ditundukkan Meksiko di laga final.

Rentetan kegagalan di dua kejuaraan plus performa buruk Brasil di laga uji coba akhirnya membuat CBF mengambil langkah untuk mendepak Menezes. Kabar pemecatan Menezes terungkap setelah pria berusia 50 tahun itu "berkicau" akun twiter pribadinya.

"Saya kini tidak lagi menjadi pelatih timnas Brasil. Saya ingin berterima kasih pada setiap orang telah berkerjasama dalam proyek spesial ini, pemain, dan pendukung yang percaya pada kinerja kami,"

Kendati dipecat di tengah persiapan menuju Piala Dunia 2014, namun Menezes tetap yakin program persiapan Brasil tidak akan terganggu. Pelatih yang pernah menangani klub Corinthians ini yakin, Neymar cs tetap akan mampu berprestasi di Piala Dunia dua tahun mendatang. "Saya berharap sukses bagi Selecao menuju mimpi kita bersama, Piala Dunia 2014," ungkap Menezes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement