Sabtu 24 Nov 2012 19:57 WIB

Gol Bunuh Diri Menangkan Persija

 Pemain Persija Jakarta tengah berlatih.
Foto: Fikri Yusuf/Antara
Pemain Persija Jakarta tengah berlatih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Laga pertama turnamen segitiga Trofeo Jakarta antara Persija Jakarta melawan Persisam Samarinda dimenangi tuan rumah melalui gol bunuh diri pemain tengah tim berjuluk Pesut Mahakam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Sepak pojok yang diperoleh tim Macan Kemayoran di menit 26 rupanya menjadi petaka tim asal Kalimantan Timur itu karena gelandang Kone Lancine salah mengatisipasi datangnya bola melalui sundulannya hingga berbuah kemenangan untuk tuan rumah.

Penjaga gawang Persisam Usman Pribadi mati langkah setelah Kone yang berniat membuang bola malah mengarahkannya ke arah gawang sendiri.

Pertandingan yang diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Persija itu berlangsung seimbang. Peluang demi peluang tercipta untuk kedua tim. Namun penyelesaian akhir yang tidak sesuai harapan membuat kedua tim harus berusaha sekuat tenaga membongkar pertahanan lawannya.

Pelatih Persisam Saptono Anwar menginstruksikan anak asuhnya untuk menyisir sisi kiri pertahanan lawan.

Sepanjang 45 menit pertandingan Ferdinand Sinaga, Sumardi dan Bayu Gatra kerap melakukan serangan di sektor yang dijaga oleh Anindito Wahyu dan Leo Saputra. Tapi gol juga belum tercipta sepanjang dua puluh menit pertama.

Momen terbaik Persisam adalah saat Ferdiand Sinaga yang sudah berdiri di depan menunggu kesempatan serangan balik setelah Persija lengah memanfaatkan umpan pojok.

Ferdinand sudah melewati dua bek Persija dan dia nampak jatuh saat berada di area terlarang. Namun rupanya wasit menganggapnya sebagai upaya diving yang membuat pengadil lapangan mengeluarkan kartu kuning kepada mantan penyerang klub Semen Padang.

Hujan yang mulai mengguyur di menit 21 rupanya menjadi momentum Persija yang beberapa kali sering mendapatkan sepak pojok. Benar saja, Kone gagal membuang bola dengan sempurna umpan pojok gelandang Jose Sebastian yang malah menjadi penentu kemenangan Persija.

Bola yang berusaha dibuang kone membelok ke gawangnya sendiri di menit 31. Persija tidak berhenti melancarkan serangan meski sudah unggul. Menit 39 variasi Macan Kemayoran kerap merepotkan barisan pertahanan Persisam yang digalang oleh M Robby dan Pierre Njanka.

Namun hingga petandingan berakhir, skor tidak berubah untuk keunggulan Persija Jakarta.

Trofeo Persija adalah turnamen yang diikuti Persija Jakarta, Persisam Samarinda dan Arema Indonesia. Setiap pertandingan berlangsung 1x45 menit dengan masing-masing kontestan saling berhadapan.

Susunan pemain :

Persija Jakarta: 1 Galih Sudaryono (PG), 15 Fabiano Beltrame (K), 23 Leo Saputra, 2 Mukmin, 28 Ngurah Nanak, 21 Amarzukih, 10 Jose Sebastian, 27 Rahmad Afandi, 18 Anindito Wahyu, 7 Ramdhani Lestaluhu dan 25 Pedro Javier.

Pengganti: 26 Andritany (PG), 3 Firmansyah, 17 Delton Stevano, 6 Ferry Komul, 19 Johan Juansyah, 9 Rudi Setiawan dan 16 Fadil Brahim

Persisam Samarinda: 2 Usman Pribadi (PG), 24 Pierre Njanka, 15 Joko Sidik, 13 Ahmad Sumardi, 4 Dias Angga Putra, 77 Loudry Meilana S, 33 Kone Lancine, 16 M. Robby (K), 23 Bayu Gatra, M. Adnan Reda dan 17 Ferdinand Sinaga.

Penganti: 27 Fauzi Toldo (PG), 21 Supriyono, 41 Wildansyah, 28 Wahyu Kristanto, 25 Aldair Makatindu, 6 Isdiantono dan 7 Ridiansyah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement