Senin 26 Nov 2012 21:45 WIB

Tim Malaysia Kalah, Inilah Komentar Media

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Suporter timnas Malaysia.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Suporter timnas Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kekalahan timnas Malaysia pada laga perdana Piala AFF 2012 menyisakan kekecewaan mendalam bagi masyarakat negara tersebut. Harimau Malaya, julukan Malaysia, harus menanggung malu lantaran dicukur Singapura dengan tiga gol tanpa balas.

Memalukan! begitulah tema pemberitaan yang diusung sejumlah media Malaysia terkait kekalahan skuat besutan Datuk K. Rajagopal. Harimau Malaya pun kini dianggap telah kehilangan taringnya atas hasil buruk tersebut.

"Kita kalah dengan cara yang memalukan 0-3 kepada Singapura di Stadium Nasional Bukit Jalil," demikian salah satu isi pemberitaan media Malaysia, Utusan, Senin (26/11).

Media yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia itu mengungkapkan adanya kekecewaan mendalam yang dirasakan para pendukung Harimau Malaya. Safee Sali dan kawan-kawan yang sebelumnya berjanji meraih hasil positif pada laga pembuka, ternyata tidak mampu memenuhi janjinya. "Hanya harapan kosong," tulis Utusan.

Disebutkan pula, kekalahan telak atas Singapura lantaran Rajagopal tidak sanggup mengevaluasi kelemahan tim yang sebetulnya telah terlihat dalam laga uji coba. Memang kelemahan Malaysia sudah terlihat lantaran gagal memetik kemenangan pada empat laga uji coba terakhir.

Duet antara kapten Safiq Rahin dan Amar Rohidan dinilai pincang dalam mengawal lini tengah Malaysi sehingga membuat lawan begitu mudah membuka ruang untuk menciptakan peluang. Namun, masalah yang paling besar adalah lemahnya kordinasi antar pemain belakang Malaysia. Dua dari tiga gol Singapura merupakan kelengahan para bek Harimau Malaya yang tidak mampu menutup pergerakan para pemain lawan dengan cepat.

Media Malaysia lainnya, The Malaysian Insider, secara khusus menyoroti head to head antara Malaysia dan Singapura atas hasil tersebut. Disebutkan, kekalahan memalukan Harimau Malaya itu merupakan yang ketiga kali dialami dari Singapura saat keduanya bertemu di Piala AFF.

Selain itu, lini depan Malaysia juga dinilai masih tumpul karena tidak mampu melakukan penetrasi dengan baik. Kekalahan dari Singapura juga menimbulkan kecemasan tersendiri bagi Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak.

Ia meminta Safee Sali cs untuk bangkit pada laga selanjutnya dan wajib mempertahankan gelar juara yang telah diraih pada 2010. Najib mengatakan, Malaysia harus memetik kemenangan pada laga selanjutnya untuk membalas kekalahan dari Singapura. Sebab, semua rakyat Malaysia tidak ingin lagi melihat timnya dilecehkan.

"Harimau Malaya harus bangkit. Malaysia! menangi laga selanjutnya," kata Najib dilansir Utusan, Senin (26/11).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement