Selasa 27 Nov 2012 12:39 WIB

Maaf Pep, Brasil Butuh Pelatih Lokal

Rep: Angga Indrawan/ Red: Hafidz Muftisany
Josep Guardiola
Foto: Frank Augstein/AP
Josep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Karir gemilang Pep Guardiola kala membesut Barcelona beberapa musim silam, tak lantas membuat timnas Brasil kepincut untuk menggunakan jasanya.

Meski diakui merupakan bagian dari sederet pelatih bertangan dingin, Asosiasi Sepak Bola Brasil (CBF) masih ragu untuk meminangnya.

Secara tegas disampaikan presiden CBF, Jose Marin. Menurutnya, Pep Guardiola sama sekali tidak termasuk dalam radar CBF jelang helat Piala Dunia 2014. Kultur sepak bola yang berbeda antara Amerika latin dan Eropa, menjadi alasan kuat CBF membuang jauh niatannya.

Belum lagi, faktor historis yang mencatat lima gelar juara dunia merupakan hasil karya tangan dingin pelatih lokal, membuat CBF masih mempercayakan Selecao untuk dilatih arsitek asli pribumi.

"Tidak mungkin pelatih tim ini datang dari luar Brasil. Saya hormat kepada Guardiola. Tapi sejarah mencatat, Brasil sudah mengukir lima gelar dunia dengan pelatih lokal,” kata Marin, kepada Terra, Selasa (27/11).

Menurutnya, kepastian siapa pelatih Selecao selanjutnya, akan diumumkan pada Januari mendatang, menyusul berakhirnya kompetisi domestik di sana.

"Siapapun pelatihnya, yang jelas ia harus memiliki mimpi membawa Brasil kembali menjadi juara dunia," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim nasional Brasil baru saja kehilangan pelatihnya, usai CBF memecat Mano Menezes, Sabtu kemarin. Pemecatan itu dikarenakan Mano dinilai tak mampu menunjukkan performa tim yang signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement