Jumat 30 Nov 2012 15:41 WIB

Suporter Indonesia Diminta Jangan Terprovokasi

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Menpora Andi Mallarangeng.
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Menpora Andi Mallarangeng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Andi Mallarangeng, meminta agar supporter Indonesia yang akan menyaksikan pertandingan  piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, tidak terprovokasi video aksi suporter Malaysia. Menurutnya, supporter Indonesia harus mendukung Timnas tanpa melakukan penghinaan.

“Kita ingin jadi supporter teladan. Kita dukung Timnas tanpa harus menghinda, mengejek supporter lain,” katanya saat ditemui usai pengarahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Gubernur, Pangdam/Kapolda, Bupati/Walikota seluruh Indonesia, Jumat (30/11).

Ia mengaku sudah berbicara dengan Duta Besar Indonesia di Malaysia. Kedutaan pun sudah berkomunikasi dengan pihak terkait untuk melindungi supporter Indonesia di Malaysia.  "Mereka sudah komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Malaysia utk memastikan perlindungan terhadap suporter kita,” katanya.

Andi sendiri mengaku belum melihat penghinaan yang dilakukan supporter Malaysia di Youtube. Ia hanya mendapatkan laporan mengenai hal tersebut. Menurutnya, ada ketentuan dari FIFA yang mengatur tentang etika sebagai supporter. “Ada ketentuan FIFA yang mengatur etika sebagai supporter tidak boleh menghina, kata-kata rasis, atau melecehkan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement