Jumat 30 Nov 2012 22:29 WIB

Mungkinkah Laos Membuat Sejarah Baru?

Rep: Citra Listya Rini, laporan langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia/ Red: Chairul Akhmad
Sejumlah pesepakbola timnas Laos melakukan peregangan otot saat latihan di lapangan hotel Palace Golden Horses, Kuala Lumpur, Malaysia.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Sejumlah pesepakbola timnas Laos melakukan peregangan otot saat latihan di lapangan hotel Palace Golden Horses, Kuala Lumpur, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR – Akankah Laos mengakhiri masa kutukan tidak pernah lolos ke babak semifinal Piala AFF?

Menarik untuk disaksikan tim besutan Kokichi Kimura meladeni amukan the Lions, Singapura, pada laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Sabtu (1/12).

Sebagai pelatih tim nasional, Kokichi mengatakan anak-anak asuhannya tidak gentar meladeni Singapura.

Laos yang selama ini hanya mampu berlaga di babak penyisihan, kata dia, kali ini berpeluang lolos ke semifinal meski berat.

"Selalu ada peluang untuk menang, saya optimis. Mungkin saja kali ini Laos bisa lolos ke semifinal meski sangatlah sulit," kata Kokichi jelang laga melawan Singapura di Hotel Palace of the Golden Horses, Kuala Lumpur.

Jika mampu menundukkan Singapura di Stadion Shah Alam, Laos bakal mencatatkan sejarah baru bagi persepakbolaannya. Apa pasal? Dari lima kali pertemuan sebelumnya dengan Singapura di Piala AFF, Thim Xad belum sekalipun memetik kemenangan.

Pertemuan perdana Singapura vs Laos terjadi pada Piala AFF 1998 (ketika itu bernama Piala Tiger) dengan kemenangan the Lions 4-1 di babak penyisihan grup.

Selanjutnya di ajang yang sama, Laos selalu tunduk dari Singapura dengan skor 0-3 di 2000, 1-2 di 2002, termasuk 2-6 di 2004, semua di babak penyisihan grup.

Parahnya, pada pertemuan terakhir keduanya di penyisihan grup Piala AFF 2007, Laos kalah telak 0-11 dari Singapura.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement