Jumat 30 Nov 2012 22:31 WIB

Singapura Wajib Petik Tiga Poin

Rep: Citra Listya Rini, laporan langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia/ Red: Chairul Akhmad
Pemain timnas Singapura saat berlatih di lapangan Maybank, Selangor, Malaysia.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Pemain timnas Singapura saat berlatih di lapangan Maybank, Selangor, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR – Melihat kejutan yang sesekali dilakukan Laos di ajang Piala AFF, bukan mustahil Keoviengpheth Lithideth dkk bisa menggebrak.

Catatan sejarah selama ini yang menuliskan Laos hanya sebagai tim penghibur di babak penyisihan, mungkin saja berubah jika tim besutan Kokichi Kimura melenggang ke semifinal Piala AFF 2012.

Sepak terjang Laos yang terkadang mengejutkan tim lain diakui oleh pelatih tim nasional Malaysia, Datuk Rajagobal.

"Sejak dari awal saya bilang, jangan remehkan Laos atau pun Myanmar! Benar saja, Laos membuat kejutan. Mereka bermain tanpa beban, percaya diri, agresif dan terlihat menikmati setiap pertandingan," katanya, Jumat (30/11).

Dalam laga terakhir Laos, the Lions bakal kehilangan pemain nomor 14, Hariss Harun lantaran cedera. Namun, Kokichi mengatakan hilangnya satu pemain Singapura tersebut tidak bakal berpengaruh banyak di pertandingan nanti. “Jadi, tidak akan menguntungkan Laos,” ujarnya.

Melawan Laos, pelatih tim nasional Singapura, Radojko Avramovic, menegaskan anak-anak asuhannya wajib memetik tiga poin. "Karena target pertama kami itu lolos ke semifinal (Piala AFF 2012). Kami tidak mencari hasil imbang, tapi kemenangan," kata dia.

Raddy—sapaan akrab Radojko Avramovic—melihat Laos sebagai tim yang kuat dengan serangan baliknya. Laos juga bermain dengan baik dan bebas. Namun, Radojko melihat permainan Laos berbeda ketika berhadapan dengan Malaysia hingga akhirnya berujung kekalahan.

Menyoal formasi tim, pelatih asal Serbia itu bilang tidak akan mengalami banyak perubahan seperti laga-laga sebelumnya. “Begitu juga dengan absennya Hariss, strategi the Lions tidak banyak berubah,” kata Radojko.

Ketika di laga perdana dan kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2012, Singapura menerapkan formasi 4-2-3-1. Sedangkan Laos yang mengandalkan serangan balik memakai skema 4-4-2. 

Jika ingin lolos ke semifinal Piala AFF 2012, kemenangan menjadi harga mati bagi kapten Shahril Ishak dan rekan-rekannya. Begitu juga Laos harus menjinakkan amukan pasukan negeri Singa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement