Sabtu 01 Dec 2012 09:48 WIB

Gita Wirjawan: Lawan Malaysia, Timnas Pasti Berjaya

Rep: Dewi Mardiani/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Indonesia, yang turun pada babak pertama, partai persahabatan Indonesia vs Kamerun, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11). (ROL/Fafa)
Timnas Indonesia, yang turun pada babak pertama, partai persahabatan Indonesia vs Kamerun, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11). (ROL/Fafa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Menteri Perdagangan Gita Wirjawan rupanya pecinta sepakbola juga. Ia optimistis timnas Indonesia berjaya pada laga melawan Malaysia di penyisihan Grup B Piala AFF Sabtu (1/12) sore nanti.

"Saya optimistis Andik Vermansah dan kawan-kawan mampu membungkam Harimau Malaya," katanya Sabtu pagi.

Gita mengatakan pertandingan antara skuat Garuda dan Malaysia selalu menarik untuk ditonton, meskipun diakuinya kedua negara bertetangga itu selalu menyimpan rivalitas keras, baik di dalam maupun luar lapangan.

Ia teringat sambutan masyarakat Indonesia saat final Piala AFF 2010 dan SEA Games 2011, keduanya melawan Malaysia. Saat itu Stadion Gelora Bung Karno penuh sesak. Hal itu menunjukkan pertandingan kedua tim tersebut selalu mendapat respons dari masyarakat kedua negara.

"Apalagi saat ini kekuatan kita dan Malaysia berimbang. Malaysia kalah oleh Singapura dan kita menang melawan Singapura. Itu akan menjadi modal bagus untuk timnas kita," nilainya.

Meskipun begitu, Gita berharap, timnas tak lengah dan harus fokus bermain selama 90 menit penuh. Ia percaya skuat 'Merah-Putih' mampu mengatasi tekanan yang dilancarkan suporter fanatik tuan rumah.

"Modalnya sabar, tidak emosi dan fokus. Jangan lakukan kesalahan sekecil apapun apalagi di area pertahanan sendiri. Harus bermain terbuka dan taktis," ungkapnya.

Gita yakin, Andik cs mampu menunjukkan kelasnya dan optimistis mereka bisa mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa.

"Insya Allah bisa. Singapura saja yang tidak pernah kita kalahkan selama kurang lebih satu dekade terakhir mampu dikalahkan. Timnas pasti bisa mengatasi tim Malaysia," katanya yakin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement