Ahad 02 Dec 2012 05:22 WIB

Timnas Kalah, Nil: Saya Bertanggung Jawab

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Heri Ruslan
Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR --  Tim nasional Indonesia sekali lagi tidak bisa memenangi derby Melayu klasik melawan Malaysia. Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala lumpur, Sabtu (1/12) malam, kembali menjadi saksi bisu ketidakberdayaan tim Garuda di hadapan Harimau Malaya.

Lantaran kalah 0-2 dari tuan rumah Malaysia di laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2012, Irfan Bachdim dkk tidak bisa meneruskan langkah ke semifinal. Dua wakil Grup B yang dipastikan melenggang ke semifinal Piala AFF 2012 adalah juara bertahan, Malaysia dan Singapura.

Melihat anak-anak asuhannya takluk dari Malaysia, Nil Maizar, pelatih tim nasional Indonesia, dengan lantang mengatakan dirinya yang bertanggung jawab atas semua ini.

"Saya yang bertanggung jawab atas kekalahan ini. Jangan salahkan si A atau si B, saya yang salah. Para pemain sudah bermain dengan kemampuan yang mereka miliki hingga injury time," kata Nil usai pertandingan.

Setelah gol kedua Harimau Malaya tercipta, kata Nil, fokus sebagian pemain Indonesia langsung terpecah. Namun, sekali lagi dia sampaikan para punggawa Indonesia sudah bermain dengan semangat juang dan motivasi yang tinggi.

Kekalahan kali kelima Indonesia dari Malaysia di ajang Piala AFF ini, kata kapten Ellie Aiboy, harus diterima dengan lapang dada. "Setelah ini Indonesia harus banyak berbenah di semua lini," ujar pemain senior di skuat Merah Putih ini.

Sepanjang 90 menit laga bergulir, kata Ellie, Indonesia dan Malaysia sama-sama bermain bagus. Tapi Malaysia memiliki banyak bola silang yang bagus, tambahnya.

Kemenangan dari Indonesia disampaikan pelatih tim nasional Malaysia, Datuk K. Rajagobal, tidaklah mudah. "Pertandingan yang ketat. Indonesia bermain bagus, tapi kami akhirnya yang melangkah ke semifinal," ujar pelatih berdarah Tamil itu.

Pujian atas permainan baik Indonesia juga diutarakan kiper Malaysia, Farizal Marlias. "Indonesia dan Malaysia sama-sama bermain bagus. Tapi, kami lebih beruntung," ujarnya.

Dua gol Malaysia ke gawang Indonesia diciptakan oleh Azammuddin bin Mohd Akil di menit ke-26, dan selang empat menit kemudian alias menit ke-30 Mahali Jasuli menggandakan kemenangan Harimau Malaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement