Ahad 02 Dec 2012 20:51 WIB

Ferril: Meski Gagal, Pemain Timnas Patut Diapresiasi

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemain Timnas merayakan gol Andik Vermansyah ke gawang Singapura di Stadion Bukit Jalil Malaysia
Foto: Reuters/Samsul Said
Pemain Timnas merayakan gol Andik Vermansyah ke gawang Singapura di Stadion Bukit Jalil Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan kapten Timnas Indonesia di SEA Games 1991, Ferril Raymond Hattu menilai para pemain tim nasional Indonesia patut mendapatkan apresiasi meski gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2012. 

"Mereka adalah pahlawan bangsa karena mau memenuhi panggilan negara. Meski hasil akhirnya tidak sesuai, mereka harus tetap kita apresiasi," kata Ferril kepada Republika, Ahad (2/12). 

Pria yang pernah membawa Indonesia juara Sea Games 1991 ini mengakui, komposisi pemain timnas saat ini bukan yang terbaik dalam segi permainan. Itu tidak terlepas dengan banyaknya para pemain  yang masih minim pengalaman berlaga dengan timnas. 

Meski begitu, tambah Ferril, ada nilai lebih yang perlu dicatat. Menurutnya, para pemain itu merupakan pemain yang memiliki mental dan semangat tinggi membela negara.

"Semua pemain yang bergabung timnas saat ini adalah pemain dengan mental dan semangat tinggi. Bagaimana tidak, mereka mau memenuhi panggilan timnas sementara ada beberapa pemain lainnya yang menolak meskipun telah dipanggil. Apresiasi terhadap mental dan semangat itu yang perlu kita jaga," ucapnya. 

Kegagalan Indonesia melaju ke semifinal didapat setelah takluk dua gol tanpa balas dari Malaysia pada laga pamungkas grup di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Sabtu (1/12).  Timnas gagal lolos karena di pertandingan lain, Singapura menang 4-3 dari Laos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement