Rabu 05 Dec 2012 07:46 WIB

Teror Los Azulgranas

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Jordi Alba pada laga melawan Celta Vigo di Camp Nou, Ahad (4/11) dini hari. Barcelona menang 3-1 pada partai tersebut.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Jordi Alba pada laga melawan Celta Vigo di Camp Nou, Ahad (4/11) dini hari. Barcelona menang 3-1 pada partai tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA - Barcelona terus mengokohkan diri tim terbaik. Baik di ajang La Liga ataupun Liga Champions, skuat asuhan Tito Vilanova ini terus menunjukkan dominasinya.

Pada ajang La Liga, Barcelona baru saja mencetak rekor sebagai tim dengan start terbaik sepanjang sejarah La Liga.  Kemenangan telak 5-1 atas Athletic Bilbao di Camp Nou akhir pekan lalu, membuat Barca telah mengoleksi 13 kemenangan dan satu kali imbang dari 14 laga.

Catatan itu telah melampaui rekor yang sebelumnya digenggam Real Madrid sejak musim 1991/1992 dengan 12 kemenangan dan satu hasil seri dari 13 laga pertama.

Keberhasilan mencetak sejarah itu membuat para penggawa Barcelona semakin percaya diri menjalani setiap kompetisi. Kini, Lionel Messi dan kawan-kawan pun kembali membidik kemenangan di Liga Champions saat akan menjamu Benfica di Stadion Camp Nou, Kamis (6/12) dinihari nanti.

Barcelona berada di puncak klasemen Grup G dengan raihan 12 poin dari lima pertandingan. Meski sudah dipastikan lolos ke fase gugur, pasukan Katalan tetap tidak akan membiarkan Benfica dapat pulang dengan membawa satu pun poin.

Bagi Benfica, laga ini sangat krusial sebagai penentuan ke babak 16 besar.Benfica berada di peringkat tiga dengan torehan tujuh poin. Sama dengan perolehan Celtic yang menempati peringkat dua.

Tak pelak, Benfica setidaknya harus bisa memaksa Barcelona bermain imbang, sambil berharap Celtic akan terpeleset kala bertanding dengan Spartak Moscow.

Namun, hasil imbang tentunya akan sangat sulit diraih klub asal Portugal ini. Bagaimana tidak, 30 tahun sudah Benfica belum memetik kemenangan ketika harus berhadapan melawan tim Spanyol. Barcelona pun belum pernah kalah dalam 18 laga kandang terakhir sejak ditaklukkan Rubin Kazar pada Oktober 2009 lalu.

Hasil positf yang terus diraih Barcelona belakangan ini membuat bek Gerarg Pique yakin rekan-rekannya dapat menumbangkan Benfica. Pique mengatakan, meski Barca sudah dipastikan lolos ke 16 besar, kemenangan akan sangat penting untuk melanjutkan dominasi.

"Kami memiliki awal yang sangat baik musim ini. Dan itu sangat menyuntik semangat para pemain untuk kembali membidik kemenangan dengan melawan Benfica," kata Pique dikutip dari Goal, Selasa (4/12).

Wajar Pique menyatakan kepercayaan dirinya untuk menumbangkan Benfica. Menilik satatistik pertandingan kedua tim, Barcelona memang masih terlalu tangguh bagi klub yang akan menjadi tim tamu tersebut.

Pasalnya, Barcelona memiliki catatan baik ketika berhadapan dengan tim Portugal. Blaugrana-julukan Barcelona memetik 10 kemenangan dan dua kali imbang dalam 12 laga terakhir. Selain itu, 18 laga kandang terakhir Barca di Liga Champions melawan tim Portugal, berujung dengan 15 kemenangan dan tiga kali imbang.

Sebaliknya, Benfica begitu susah memetik kemenangan di tanah Spanyol. Dari sembilan lawatan terakhirnya, Benfica hanya meraih satu kemenangan, satu kali imbang. Sisanya berujung dengan tujuh kekalahan. Dua kekalahan diantaranya didapat di Camp Nou pada April 1992 dengan skor 1-2 dan April 2006 (0-2).

Meski begitu, Pique meminta rekan-rekannya untuk tetap mewaspadai permainan tim tamu. Dia pun mengaku sudah bertekad untuk menjaga ketat beberapa pemain Benfica.

"Benfica adalah tim dengan karakter menyerang. Pemain mereka seperti Pablo Aimar dan Oscar Cardozo memiliki skill tinggi yang harus diwaspadai," ucap Pique.

Pelatih Benfica Jorge Jesus tetap optimistis anak-anak asuhnya dapat memetik kemenangan atas Barcelona. Dia pun tidak ingin membuat Celtic sebagai saingan terdekatnya melaju ke babak 16 besar.

"Celtic bisa saja lolos ke fase berikutnya andaikan kami tidak meraih hasil positif melawan Barcelona. Kami datang dengan penuh kepercayaan diri dan siap memberikan kejutan," kata Jesus dilansir Football The Star.

Langkah Benfica semakin berat dengan permasalahan cedera pemain. Pasalnya, empat penggawa andalan seperti Eduardo Salvio, Enzo Perez, Pablo Aimar, dan Carlos Martins sedang dalam kondisi tidak maksimal.

Jesus pun tak lupa mengomentari kekuatan Barcelona yang memiliki megabintang Lionel Messi. Baginya, Messi adalah pemain yang paling berpengaruh terhadap permainan pasukan Katalan.

"Tanpa Messi, Barca tidak akan terlalu kuat. Tapi, kami datang untuk menang walaupun Barcelona akan tetap memainkan Messi pada laga  nanti," pungkas Jesus.

Prediksi Formasi:

Barcelona: 1-Victor Valdes; 21-Adriano, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 25-Alex Song, 11-Thiago Alcantara, 8-Andres Iniesta; 17-Pedro, 10-Lionel Messi, 7-David Villa.

Benfica: 1-Artur; 34-Andre Almeida, 4-Luisao, 24-Ezequiel Garay, 25-Melgarejo; 15-Ola John, 21-Nemanja Matic, 11-Lima; 35-Enzo Perez, 7-Oscar Cardozo, 18-Eduardo Salvio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement