Kamis 06 Dec 2012 21:21 WIB

Mengenang Gol Pamungkas Bambang ke Gawang Thailand

Rep: Umi Lailatul/ Red: Karta Raharja Ucu
Duet lini depan Timnas Bambang Pamungkas-Irfan Bachdim
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Duet lini depan Timnas Bambang Pamungkas-Irfan Bachdim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, 7 Desember 2010, Timnas Indonesia berhutang kepada Bambang Pamungkas. Striker berjuluk BP20 itu menjadi pahlawan bagi tim Garudan di ajang Piala AFF 2010.

Dalam laga terakhir babak penyisihan grup, penyerang Persija Jakarta itu menjadi 'Super Sub' bagi Indonesia. Saat itu, sejak menit ke-69 Indonesia tertinggal satu gol, lewat gol Suree Sukha.

Tapi, Bambang yang masuk dari bangku cadangan tampil trengginas menggantikan Irfan Bachdim pada menit ke-58. Dua golnya dari titik penalti, membalikkan keadaan.

Gol pertama terjadi pada menit ke-80, setelah bek Thailand, Suttinun Phukhom menjatuhkan Cristian Gonzales di kotak terlarang. Sedangkan gol kedua striker yang akrab disapa Bepe itu terjadi di menit ke-88. Dua gol Bambang membawa Tim Merah Putih menang 2-1, dan keluar sebagai juara grup dengan kemenangan tiga kali beruntun. Nahas bagi Thailand, kekalahan atas Indonesia, membuat Negeri Gajah Putih harus masuk kotak.

Sayangnya, kecemerlangan Indonesia antiklimaks di partai final. Di partai puncak Indonesia kalah dari Malaysia, yang keluar sebagai juara Piala AFF 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement