Ahad 09 Dec 2012 22:08 WIB

Sarangkan Dua Gol, Rooney Cetak Rekor

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aksi bomber Manchester United, Wayne Rooney, saat membobol gawang Manchester City pada laga Liga Primer di Etihad Stadium, Ahad (9/12) malam.
Foto: AP Photo/Dave Thompson, PA
Aksi bomber Manchester United, Wayne Rooney, saat membobol gawang Manchester City pada laga Liga Primer di Etihad Stadium, Ahad (9/12) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Aksi Wayne Rooney membawa Manchester United (MU) mengungguli Manchester City, 2-0, dalam laga lanjutan Liga Primer, Ahad (9/12). Penyerang berusia 27 tahun itu memborong dua gol yang membawa skuat Iblis Merah memimpin di babak pertama.

Dua gol di babak pertama ini membawa Rooney mencatatkan sejarah tersendiri dalam derby Manchester. Sepanjang kariernya, ia sudah berhasil mengoleksi sepuluh gol dalam laga dua rival sekota ini. 

Rooney berhasil melampaui catatan pemain legendaris MU, Bobby Charlton, yang mengoleksi sembilan gol. Kini, Rooney menjadi pemain MU pertama yang berhasil mengemas sepuluh gol dalam derby Manchester.

Rooney membuka keunggulan MU di Stadion Etihad melalui situasi serangan balik pada menit ke-16. Bermula dari pergerakan cepat Ashley Young di sisi kanan pertahanan the Citizens.

Young melepaskan umpan yang mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Rooney. Penyerang tim nasional Inggris ini melepaskan tendang ke pojok kanan gawang yang mengecoh kiper City, Joe Hart.

Saat tertinggal satu gol, City justru harus kehilangan salah satu kekuatan di lini belakangnya. Pada menit ke-20, Pelatih Roberto Mancini menarik kapten tim, Vincent Kompany, karena terlihat mengalami cedera. Kolo Toure masuk untuk menggantikan posisi Kompany. Berkurangnya kekuatan lini belakang City bisa kembali dimanfaatkan Rooney.

Pada menit ke-29, pergerakan Rooney di kotak penalti terlepas dari kawalan. Ia dengan mudah memanfaatkan umpan tarik Rafael dari sisi kiri pertahanan City. Kolo Toure terlambat menutup tendangan penyerang MU itu. Bola pun meluncur untuk kedua kalinya menembus gawang Joe Hart.

City bukan tanpa perlawanan. Beberapa kali the Citizens mempunyai kesempatan untuk mencetak gol. Pada menit ke-11, Gael Clichy melepaskan umpan tarik menuju kotak penalti. Akan tetapi, umpan itu tidak mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Mario Balotelli. Tendangan striker asal Italia masih melambung.

Pada menit ke-22, City kembali mempunyai peluang melalui Sergio Aguero. Pemain asal Argentina ini berhasil mengelabui barisan pertahanan MU. Namun sayangnya, tendangan Aguero ke sisi kiri gawang MU masih lemah. Kiper Iblis Merah, David De Gea, masih dengan mudah mengantisipasi tendangan tersebut.

Kedua tim kemudian silih berganti melakukan serangan. Namun, kedudukan masih belum berubah hingga akhir babak pertama. MU masih memimpin, 2-0, dalam laga di Stadion Etihad. City masih berpeluang mengejar selisih gol itu di paruh kedua.

Susunan Pemain

Manchester City: Joe Hart; Zabaleta, Kompany (Kolo Toure '20), Nastasic, Clichy; Silva, Yaya Toure, Barry, Nasri; Aguero, Balotelli

Manchester United: De Gea; Rafael, Ferdinand, Evans, Evra; Valencia, Cleverley, Carrick, Young; Rooney, Van Persie

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement