Senin 10 Dec 2012 08:44 WIB

Messi Pecahkan Rekor Mueller

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Dewi Mardiani
Lionel Messi.
Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Megabintang Barcelona Lionel Messi berhasil mencetak sejarah sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender. Melawat ke Stadion Benito Villamarin, Senin (10/12), Messi membukukan dua gol untuk mempersembahkan kemenangan 2-1 Barcelona atas Real Betis.

Dua gol yang bersarang di gawang Betis pada menit ke-16 dan 25, membuat Messi telah mengumpulkan 86 gol sepanjang tahun 2012 ini. Jumlah tersebut terdiri dari 74 gol bersama Barcelona dan 12 gol untuk timnas Argentina.

Dengan perolehan itu, Messi telah melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Gerd Mueller dengan koleksi 85 gol. Legenda timnas Jerman tersebut mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak pada tahun 1972.

Juru gedor berjuluk La Pulga (Si Kutu) bahkan masih memiliki peluang menambah pundi-pundi gol sekaligus mempertajam rekornya. Maklum, Barcelona masih memiliki empat pertandingan tersisa hingga akhir tahun ini. 

Selain mencetak rekor, dua gol yang diciptakan Messi juga semakin mengokohkan dirinya sebagai topskorer sementara La Liga. Pemain bernomor punggung 10 itu, sudah mengoleksi 23 gol di La Liga musim ini. Messi unggul tujuh gol dari bomber Atletico Madrid yang berada di urutan kedua dengan koleksi 16 gol. Sementara striker Real Madrid Cristiano Ronaldo tertinggal 10 gol dari La Pulga. 

Bertanding di depan belasan ribu pendukung Real Betis, Barcelona tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Sayangnya, Barca harus kehilangan Cesc Fabregas yang terpaksa ditarik keluar lapangan pada menit ke-10 karena mengalami cedera. Fabregas digantikan Alexis Sanchez.

Kehilangan Fabregas pun tak menjadi kerugian besar bagi pasukan Katalan. Dengan mengandalkan trio Messi, Andres Iniesta, dan Pedro Rodriguez di lini serang, Barcelona sukses mengepung barisan pertahanan tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement