Selasa 11 Dec 2012 22:39 WIB

Gianfranco Zola Belajar Jadi Pelatih di Watford

Gianfranco Zola
Foto: www.guardian.co.uk
Gianfranco Zola

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Mantan pemain Chelsea Gianfranco Zola meyakini klub divisi pertama Inggris Watford merupakan tempat terbaik bagi dirinya untuk membangun karir sebagai pelatih.

Pria Italia itu, yang nomor punggung 25-nya dipensiunkan oleh Chelsea saat ia berhenti bermain, melatih klub Inggris Tenggara itu pada Juli dan dikontrak untuk dua tahun ke depan, setelah pekerjaan manajerial pertamanya berakhir dengan pemecatan dari West Ham United.

Pada wawancara dengan majalah mingguan Prancis France Football pada Selasa, Zola mengatakan dirinya ingin mampu tampil cukup bagus untuk melatih klub-klub papan atas seperti Chelsea, namun saat ini ia merasa belum mampu melakukannya.

"Saya telah bermimpi menjadi manajer yang bagus. Seseorang yang dapat memimpin tim seperti Chelsea," kata Zola.

"Saya benar-benar bekerja keras untuk itu. Saya tidak tahu apakah saya akan mampu (melakukannya). Saya pikir saya memiliki kemampuan untuk itu, namun saya tidak berpikir saya sudah cukup bagus sekarang."

"Ini merupakan pengalaman kepelatihan keduaku di klub setelah West Ham. Saya masih memiliki banyak hal untuk dikerjakan," tambah Zola, mengatakan bahwa rencana-rencana klub cocok dengan ambisinya sendiri.

"Saya benar-benar senang dengan rencana-rencana (sang pemilik). Saya tahu betapa seriusnya keluarga Pozzo. Ini adalah tempat terbaik yang dapat saya temukan untuk mengembangkan diri sebagai pelatih," kata mantan asisten pelatih tim nasional Italia U-21 ini.

Zola memberi indikasi bahwa timnya, yang berada di peringkat keenam klasemen divisi satu dengan 33 poin dari 21 pertandingan, akan promosi pada musim depan.

Mantan pelatih Inggris Graham Taylor melatih Watford selama dua periode yang panjang, sedangkan manajer Liverpool Brendan Rodgers juga sempat duduk di bangku pemain cadangan Watford, demikian pula mantan manajer Chelsea Gianluca Vialli, yang pernah melatih di sana semusim setelah ia meninggalkan Si Biru.

Watford - yang populer karena sempat dimiliki bintang pop Elton John - dibeli oleh Giampaolo Pozzo pada Juni. Pozzo juga merupakan pemilik Udinese dan klub Spanyol Granada. 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
sumber : Antara/ Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement