Jumat 14 Dec 2012 16:12 WIB

Debat Sanksi FIFA Guncang Twitter

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi
Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sidang komite eksekutif FIFA untuk menentukan nasib persepakbolaan Indonesia digelar di Markas Sementara FIFA di Tokyo, Jepang pada Jumat (14/12). Menjelang pengumuman keputusan FIFA, perang pernyataan layak tidaknya persepakbolaan Indonesia disanksi terus terjadi di situs jejaring sosial Twitter.

Para pendukung yang meminta PSSI tidak dijatuhi sanksi menandai pernyataan mereka dengan hastag #NoFIFAsBanForIndonesia.

"Kami cinta, bangga kepada sepakbola Indonesia dan kami percaya, Indonesia dapat lebih baik tanpa sanski FIFA Pak Sepp Blatter," kicau @roziemuhammad.

Dukungan lainnya juga diberikan oleh @SheiQa_Zzavy. "Kumohon, lakukan sesuatu untuk membantu para pendukung sepakbola #NoFIFAsBanForIndonesia @SeppBlatter," kicaunya.

Sementara itu, kelompok lainnya justru mendukung Indonesia dijatuhi hukuman. Mereka menamainya dengan hastag # FIFAsBanforIndonesia. Dukungan itu salah satunya dinyatakan oleh @officialKPSI.

"#FIFAsBanforIndonesia Akan jadi pelajaran berharga bagi bangsa dan masyarakat bola tanah air. Mari berbenah!," kicau @officialKPSI.

Dukungan lainnya juga diberikan oleh @tifalucis. "Indonesia perlu dimarahi. Jadi aku dukung #FIFAsBanForIndonesia karena aku mencintai sepak bola nasional. Aku menginginkannya tumbuh lebih baik :)," kicaunya.

Hal senada juga diungkapkan @nootmuskaatt. "Konflik Sepakbola di Indonesia ujung pangkalnya ya uang. Politik kekuasaan, Ban aja abis itu ganti semua pengurus! #FIFAsBanForIndonesia," kicaunya.

Ada lagi yang justru menyindir dukungan #FIFAsBanforIndonesia. "Itu perang bodoh. Kau kalah dan lalu kau meminta kami untuk memperbaiki semua kekacauan yang kau buat. Pecundang! @OfficialKPSI #FIFAsBanforIndonesia," kicau @gegosallatu.

Sementara itu, Wakil Presiden FIFA Pangeran Ali bin al-Hussein menyatakan pihaknya siap membuat keputusan yang terbaik bagi kelanjutan nasib sepak bola Indonesia. Hal tersebut disampaikannya lewat akun resminya.

"We will do what is best for Indonesian football (kami akan melakukan yang terbaik untuk sepak bola Indonesia," kicau Pangeran Ali.

Terkait kicauan dari Pangeran Ali, sejumlah pengguna Twitter menyambut baik langkah wapres FIFA itu. ''Sukron ya ali bin al hussein,'' kicau @HeryantoAtse. ''MANTAP,'' kicau @bola_indonesia.

Pernyataan Ali di Twitter tersebut ternyata tidak hanya pepesan kosong. Terbukti, FIFA akhirnya memutuskan tidak jadi memberikan sanksi kepada Indonesia dan meminta persoalan yang dihadapi PSSI diselesaikan di tingkat AFC, dimana Pangeran Ali menjabat sebagai komite eksekutif.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement