Jumat 14 Dec 2012 23:10 WIB

FIFA Sulit Bandingkan Rekor Chitalu dengan Messi

Godfrey Chitalu
Foto: Wikipedia
Godfrey Chitalu

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Badan sepak bola dunia FIFA menyatakan tidak dapat memverifikasi laporan soal "rekor" pesepak bola Afrika, Godfrey Chitalu yang disebut telah mencetak 107 gol dalam setahun kalender. 

Jumlah gol Chitalu tengah menjadi sorotan media karena lebih besar dari 68 gol yang diciptakan Lionel Messi dalam setahun. Padahal raihan gol Messi itu baru saja mematahkan rekor gol 40 tahun milik Gerd Mueller. 

"Terima kasih untuk semua pertanyaan mengenai Godfrey Chitalu. Statistik resmi kami terbatas pada kompetisi-kompetisi FIFA, maka kami tidak dapat memverifikasi 'rekor' ini," demikian disampaikan departemen komunikasi FIFA melalui akun Twitternya.  "Kami memegang rekor-rekor untuk semua kompetisi FIFA," tambahnya.

Penyerang Barcelona Messi disanjung sebagai pemain terhebat sepanjang masa, setelah ia mencetak dua gol pada Ahad lalu. 

Dua gol ini menambah koleksinya di sepanjang tahun 2012 menjadi 86 gol. Jumlah itu telah melewati rekor Mueller dalam urusan mencetak gol dalam satu tahun.  Sebelumnya legenda Jerman itu mencetak 85 gol untuk Bayern Muenchen dan Jerman Barat hanya dalam 60 partai pada tahun 1972.

Namun terdapat klaim-klaim pada Kamis, yang menyebutkan bahwa catatan gol Messi masih kalah dari legenda Zambia Chitalu, yang mencetak 107 gol - dari 49 pertandingan liga untuk Kabwe Warriors dan 58 gol di Piala dan pertandingan internasional - antara 23 Januari sampai 10 Desember 1972.

Asosiasi Sepak Bola Zambia (FAZ) mendesak agar rekor pemain kebanggaan mereka itu diakui. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement