Rabu 19 Dec 2012 01:55 WIB

Pria ini Bocorkan Kisah Messi di Akademi Sepak bola Barcelona (Part 2)

Rodolfo Borrell
Foto: AP
Rodolfo Borrell

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Di mata Rodolfo Borrell, pesepakbola terhebat saat ini, Lionel Messi adalah sosok yang haus mencetak gol dalam setiap pertandingan. Ya, pelatih pertama Messi di La Masia -sekolah akademi sepak bola milik Barcelona- ini mengenal betul sosok pemain asal Argentina itu sejak masih berusia 14 tahun. 

"Semua orang mengatakan tekhnik bermain bola Messi sangat fenomenal. Tapi, kalau saya bilang mentalitas dia yang paling mengagumkan," kata Borrell seperti dikutip ESPN Star, Senin (17/12). 

Sejak pertama kali berjumpa dengan Messi pada tahun 2000/2001, pelatih asal Spanyol ini tercengang. Dikatakannya, sepanjang karirnya melatih bibit-bibit muda di lapangan hijau, belum pernah ada pemain seperti Messi. 

"Saya tidak pernah melihat seorang pemain yang sangat haus (mencetak gol). Setiap sesi latihan berakhir hingga hari-hari berikutnya, dia selalu ingin mengejar bola. Itulah Messi, perpaduan mentalitas dan bakat yang dimilikinya yang membuat dirinya menjadi pemain terbaik dunia," papar Borrell. 

Menurut dia, Messi juga bukanlah sosok pesepakbola yang egois ketika beraksi di lapangan hijau. Borrell memuji kelakuan mantan anak didiknya itu yang kerap memberikan bola kepada rekan-rekan setimnya dalam setiap pertandingan.

Messi pun mengakui bahwa kelihaiannya dalam mengolah bola tak hanya berkah dari sang pencipta, tapi juga berkat polesan para pembimbingnya di La Masia.

Sudah bukan rahasia apabila Messi merupakan salah satu pesepakbola yang punya kemampuan di atas rata-rata. Dribel rapat dengan kecepatan yang mengesankan, ditamba lagi berbagai trik yang ditampilkannya saat melewati penjagaan lawan, kerap membuat orang berdecak kagum melihat aksinya.

bersambung ke Part 3..

sumber : ESPN Star
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement