Rabu 19 Dec 2012 03:25 WIB

Pria ini Bocorkan Kisah Messi di Akademi Sepak bola Barcelona (Part 3- Tamat)

Rodolfo Borrell
Foto: AP
Rodolfo Borrell

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Pelatih pertama Lionel Messi ketika mendarat di Barcelona, Rodolfo Borrell, mengungkapkan kalau bintang Los Azulgranas itu merupakan sosok pemalu. Di usianya yang masih 14 tahun, Messi yang bergabung dengan La Masia -sekolah akademi sepak bola milik Barcelona- pada 2000/2001 itu lebih banyak tutup mulut. 

"Ya. Messi memang sangat pemalu ketika itu. Dia juga jarang berbicara," kata Borrell sambil tersenyum kepada ESPN Star di Singapura, Senin (17/12). 

Kendati kurang terbuka dengan rekan-rekan di sekitarnya, Borrell menegaskan bukan berarti Messi sulit mengikuti pelatihan di La Masia. Berasal dari Argentina yang berbahasa Spanyol, ketika itu Messi tidak menemui kendala bahasa selama berlatih. 

"Messi juga cepat menerima materi. Dia tipikal orang yang cepat mempelajari sesuatu hal," ujar Borrell. 

Selain sukses memoles Messi, Borrell juga pernah membesut superstar lapangan hijau lainnya, yakni Cesc Fabregas dan Gerard Pique. Borrell menjadi pelatih Fabregas dan Pique ketika kedua pemain itu masih berusia 12 tahun.

Selanjutnya, Borrell kembali memoles Fabregas dan Pique saat mereka bergabung denga skuat Barcelona udia di bawah 14 tahun. Pada saat itu, Messi pun bergabung dengan skuat yang diisi Fabregas dan Pique. 

"Skuat yang mengagumkan. Sangat spesial. Saya kira sulit bagi saya memiliki skuat seperti itu lagi," ujar pria yang kini menjabat sebagai Manajer Tim Cadangan Liverpool ini.

Skuat yang dipunggawai Messi, Fabregas dan Pique itu bahkan pernah menecetak kemenangan 25-0 dalam sebuah pertandingan.  

Sepertinya La Masia masih akan terus menghasilkan pemain-pemain top dunia. Kabar terakhir menyebutkan bahwa ada pemain dengan bakat setara Messi bernama Jean-Marie Dongou, pemain berusia 16 tahun asal Kamerun, demikian dilansir Daily Star Sunday.

 

 

sumber : ESPN Star
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement