Jumat 21 Dec 2012 16:52 WIB

Pesepakbola Junior Indonesia Ditantang Klub dari Qatar

Rep: Ditto Pappilanda/ Red: Citra Listya Rini
Logo organisasi antirasial dalam sepak bola --Kick It Out--
Foto: THE DRUM
Logo organisasi antirasial dalam sepak bola --Kick It Out--

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al Khor Community Football Club (AKC FC), klub sepak bola junior berisikan anak-anak pekerja Indonesia di Qatar siap menantang klub-klub sepak bola junior asuhan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta. 

Sebanyak 34 pemain AKC FC akan terbang ke Jakarta pada 22 Desember ini untuk melakukan pertandingan persahabatan dengan sejumlah sekolah sepakbola di Jakarta hingga 5 Januari mendatang.

Dalam keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Qatar yang diterima Republika, Jumat (21/12), AKC FC diinformasikan akan diatur untuk berlaga melawan tiga klub sepakbola juniorc asuhan PSSI. Yaitu SSB ISA, SSB Tanah Grogot dan SSB Apacinti menjadi tiga sekolah sepakbola pertama yang menyatakan siap meladeni anak-anak Indonesia yang lahir dan tumbuh di Qatar tersebut.

Untuk melancarkan uji kemampuan timnya, Syahrial Tampo selaku pengurus klub dan Yunus Bani yang menjabat pelatih telah meminta bantuan Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Deddy Syaiful Hadi. 

KBRI Qatar yang berkantor di Doha menyambut baik keinginan Syahrial dan Yunus. Permintaan KBRI pun disambut baik oleh PSSI yang segera mengatur pertandingan persahabatan.

AKC FC merupakan klub sepakbola bentukan Al Khor Community, paguyuban pekerja asal Indonesia di Qatar. Selain olahraga, Al Khor Community juga memiliki sanggar tari dan budaya yang menampilkan kesenian asal Indonesia. 

Pelatih AKC FC, Yunus Bani, sendiri adalah pekerja migas asal Aceh yang memiliki sertifikat pelatih keluaran Belanda. Polesan Yunus membuat para pemain mudanyayang berusia 13-16 tahun kerap dilirik oleh klub profesional Qatar, seperti Aspire Academy; Al Gharafa dan Lakhwiya. Klub-klub ini akan memberikan beasiswa dan gaji tetap kepada pemain didikan AKC FC pilihannya.

Saat melepas keberangkatan tim, Dubes RI untuk Qatar Deddy Syaiful Hadi berpesan kepada Tim AKC-FC agar tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Deddy juga menekankan bahwa progam pertandingan persahabatan ini merupakan upaya meningkatkan hubungan sosial budaya antara Indonesia danQatar, khususnya dibidang olahraga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement