Ahad 30 Dec 2012 17:29 WIB

Tanggal 30 Desember, 13 Tahun Lalu di Inggris

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Citra Listya Rini
Timnas Inggris saat menjadi juara Piala Dunia 1966.
Timnas Inggris saat menjadi juara Piala Dunia 1966.

REPUBLIKA.CO.ID, Tanggal 30 Desember menjadi hari yang tak terlupakan bagi lima penggawa tim nasional Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966 di Jerman Barat.

Hari ini, 13 tahun yang lalu, lima pemain yang dikenal dengan sebutah 'Forgotten Five' itu akhirnya dianugerahi gelar kehormatan oleh pemerintah Kerajaan Inggris.

Julukan lima orang yang terlupakan mengemuka ketika sebagian besar mantan penggawa The Three Lions di Jerman Barat dianugerahi berbagai macam gelar kehormatan oleh pemerintah.

Gelar pertama diberikan pada pelatih Alf Ramsey dan kapten tim, Bobby Moore. Ramsey dianugerahi gelar kebangsawanan dan resmi bernama Sir Alf Ramsey pada tahun 1967. Sedangkan, Bobby Moore ketika itu diberikan gelar Officer of the Order of the British Empire (OBE).

Dua tahun berselang, giliran Bobby Charlton mendapat gelar OBE. Gelandang yang mengorkestrasi permainan Inggris di Jerman Barat ini kemudian menyusul Ramsey mendapat gelar kebangsawanan pada 1994.

Gelar OBE kemudian berturut-turut diberikan kepada Gordon Banks tahun 1970 dan Jack Charlton pada 1974. Pada 1978 dan 1979, Martin Pieters dan Geoff Hurst dianugerahi Member of the Order (MBE). Hurst bahkan kemudian dinobatkan sebagai bangsawan pada 1998.

Hingga 1999, tinggal Nobby Stiles, Alan Ball, Roger Hunt, Ray Wilson, dan George Cohen yang belum mendapat penghargaan. Media Inggris pun ramai mendesak pemerintah untuk memperhatikan lima pahlawan Inggris di Piala Dunia 1967 yang telah terlupakan itu.

Banyak kalangan menilai, lima pemain tersebut pantas diberikan gelar serupa seperti rekan-rekannya yang telah berhasil memenangi satu-satunya gelar Piala Dunia untuk Inggris itu. Akhirnya, pada 30 Desember 1999, 'Forgotten Five' secara bersamaan dianugerahi gelar Members of the Order (MBE).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement