Jumat 04 Jan 2013 02:39 WIB

Sejarah Piala FA Diawali dari 17 Klub

Rep: Israr Itah/ Red: M Irwan Ariefyanto
Piala FA
Piala FA

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- The Football Association Challenge Cup atau dikenal dengan Piala FA merupakan turnamen sepak bola tertua di dunia. Bayangkan saja, Piala FA pertama kali diselenggarakan pada musim 1871-1972. Ketika itu, sebanyak 17 tim berpartisipasi.

Wanderers, klub yang didirikan oleh orang-orang sekolah negeri dan diperkuat pemain-pemain universitas, menjadi juara untuk pertama kalinya. Di final, mereka mengalahkan Kennington Oval, 1-0. Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 2.000 orang itu, gol kemenangan Wanderers dicetak Morton Betts.

Usia tua dan kesempatan terbuka bagi tim-tim divisi bawah menghadapi tim-tim di level kompetisi tertinggi membuat Piala FA menjadi menarik. Kerap terjadi, tim-tim divisi bawah membuat kejutan. Sebuah analisis yang dipublikasikan //timesonline// pada 2010 silam menunjukkan kemungkinan setidaknya ada satu tim mengalahkan tim lain yang berada satu divisi di atasnya sebesar 99,85 persen. Angka ini menurun menjadi 48,8 persen untuk peluang satu tim mengalahkan tim lain yang berlaga dua tingkat di atas. Untuk peluang tim level bawah mengalahkan tim yang bermain tiga level kompetisi di atasnya sebesar 39,28 persen.

Sejak dibangunnya Football League, Tottenham Hotspur pada 1901 merupakan satu-satunya tim di luar liga yang memenangkan piala FA. Saat itu mereka berlaga di Southern League dan baru masuk ke Football League pada 1908. Saat itu Football League hanya terbagi dua divisi yang masing-masing terdiri atas 18 tim.

Dalam sejarah Piala FA, hanya delapan tim di luar top level kompetisi Inggris yang berhasil menjadi juara. Terakhir adalah West Ham United ketika mengalahkan Arsenal pada 1980.

Belakangan ini final Piala FA selalu diisi minimal oleh satu tim dari level kompetisi tertinggi. Musim lalu, Chelsea menjadi juara setelah mengalahkan Liverpool 2-1.

Pemenang Piala FA

Jumlah juara Klub

11 Manchester United

10 Arsenal

8 Tottenham Hotspur

7 Liverpool, Aston Villa, Chelsea

6 Newcastle United, Blackburn Rovers

5 Manchester City, Everton, West Bromwich Albion, Wanderers

4 Bolton Wanderers, Sheffield United, Wolverhampton Wanderers,

3 Sheffield Wednesday, West Ham United

2 Bury, Nottingham Forrest, Old Etonians, Preston North End, Sunderland, Portsmouth

1 Barnsley, Blackburn Olympic, Blackpool, Bradford City, Burnley, Cardiff City, Charlton Athletic, Clapham Rovers, Coventry City, Derby County, Huddersfield Town, Ipswich Town, Leeds United, Notts County, Old Carthusians, Oxford University, Royal Engineers, Southampton, Wimbledon

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement