Rabu 09 Jan 2013 01:05 WIB

FIFA Hukum Timnas Hungaria, Mengapa?

FIFA
Foto: Reuters
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) telah memerintahkan tim nasional Bulgaria dan Hungaria untuk menjalani babak kualifikasi Piala Dunia 2014 tanpa penonton di stadion. 

Perintah keras yang dikeluarkan FIFA ini menyusul aksi rasis terhadap tim lawan dan membawa 'embel-embel' berbau Iran dan Israel. FIFA mengeluarkan hukuman ini pada Selasa (8/1). 

FIFA menjatuhkan denda sebesar 35 ribu swiss france atau setara 38 ribu dolar AS kepada timnas Bulgaria. Begitu juga timnas Hungaria yang dijatuhkan denda sebesar 40 ribu swiss france atau setara 43.400 dolar AS.

Timnas Bulgaria dikenakan denda lantaran para pendukungnya melakukan nyanyian monyet (monkey chant) kepada pemain belakang Denmark, Patrick Mtiliga, yang berkulit hitam, saat babak kualifikasi Piala Dunia 2014 di Sofia pada 12 Oktober lalu.

Sedangkan timnas Hungaria dijatuhkan hukuman denda tersebut karena para penggemarnya melontarkan slogan anti-Semit. Mereka juga dilaporkan membentangkan bendera Iran bermaksud untuk menghina Israel pada 15 Agustus lalu pada laga persahabatan di Budapest.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement