Ahad 13 Jan 2013 05:55 WIB

Pemain Berdarah Belanda ini Segera Gabung ke Timnas Indonesia

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Abdullah Sammy
Pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Guilermo Maitimo
Foto: ANTARA
Pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Guilermo Maitimo

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Bek naturalisasi asal Belanda Raphael Maitimo dipastikan bisa memperkuat Tim Nasional Indonesia di ajang Pra-Piala Asia 2015 pada Februari mendatang. Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menyatakan, tidak ada masalah mengenai administrasi Maitimo.

KNVB telah mengirimkan surat keterangan resmi yang menyatakan, Maitimo tidak pernah membela timnas senior Belanda. Surat ini akan digunakan PSSI sebagai syarat agar Maitimo bisa berlaga bersama Timnas Indonesia.

Sesuai regulasi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), pemain naturalisasi harus mempunyai SK dari federasi sepak bola negara asal mengenai status pemain tersebut. Jika sang pemain pernah memperkuat timnas level A atau senior, pemain itu tidak bisa berlaga bersama negara lain, meskipun sudah dinaturalisasi. Melalui surat tertanggal 7 Januari 2012, KNVB pun menegaskan hal tersebut.

“Sesuai dengan permintaan PSSI tertanggal 20 Desember 2012, kami memberitahukan bahwa Raphael Guilermo Eduardo Maitimo tidak pernah membela timnas senior Belanda,” jelas Ketua Komisi Disiplin KNVB Wouther Boshuis melaui suratnya, seperti diperlihatkan PSSI pada Sabtu (12/1).

Menurut keterangan KNVB, Maitimo hanya pernah memperkuat Timnas U-16 Belanda pada 1999-2000. Bersama U-16 Belanda, pemain berusia 29 tahun ini membukukan lima penampilan untuk ajang persahabatan.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia. Maklum, tenaga Maitimo sangat dibutuhkan untuk mengawal barisan pertahanan skuat Garuda. Terlebih, Maitimo telah menyumbangkan satu gol untuk Indonesia pada laga Piala AFF 2012 saat Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Laos di Stadion Bukit Jalil, Selangor, 25 Oktober 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement