Rabu 16 Jan 2013 07:57 WIB

The Magpies Bidik Gelandang Ajax

Rep: Irfan Fitrat/ Red: M Irwan Ariefyanto
Siem de Jong
Foto: demotix.com
Siem de Jong

REPUBLIKA.CO.ID,NEWCASTLE--Newcastle United mulai berbenah memasuki paruh kedua musim kompetisi ini. Setelah berhasil mengamankan pemain bertahan, Mathieu Debuchy, Newcastle kini mengincar amunisi baru untuk mengisi lini tengah. "Newcastle berencana untuk memboyong kapten Ajax, Siem de Jong," berikut laporan Daily Mail, Selasa (15/1). Pihak the Magpies kabarnya sudah menyiapkan dana senilai 9 juta poundsterling atau sekitar Rp 139 miliar. Newcastle berharap bisa menggoda Ajax untuk melepas de Jong.

Pelatih Newcastle, Alan Pardew, menganggap De Jong sebagai sosok ideal untuk menambah kekuatan di lini tengah. Gelandang berusia 23 tahun itu bisa mengatur jalannya permainan sekaligus menambah daya dobrak tim. Sepanjang musim ini, De Jong tampil produktif dengan mencetak 13 gol dalam 27 laga di berbagai kompetisi. Pardew berencana menduetkannya dengan Yohan Cabaye di sektor tengah the Magpies.

Usia De Jong juga masih muda. Karena itu, Newcastle bisa menjadikannya sebagai bagian dari rencana ke depan untuk membangun tim. Meskipun masih muda, De Jong cukup berpengalaman di Liga Eredivisie Belanda. Ia sudah lima setengah musim membela de Amsterdammers dan kini dipercaya untuk mengenakan ban kapten.

Newcastle berharap bisa mendaratkan De Jong ke Saint James Park pada bursa transfer Januari ini. Pardew membutuhkan kekuatan tambahan untuk mengangkat the Magpies dari papan bawah. Hatem Ben Arfa dkk masih mengalami kesulitan untuk menerebos papan tengah dan saat ini berada di peringkat ke-16. Newcastle hanya unggul dua poin dari tim penghuni zona merah.

De Jong diharapkan bisa membantu Newcastle untuk meraih hasil baik. Namun, tentu tidak akan mudah bagi pihak the Magpies untuk menggoda Ajax melepaskan De Jong. Selain memegang ban kapten, gelandang berpostur 185 sentimeter itu memiliki peran sentral di lini tengah timnya. Pelatih Frank de Boer juga saat ini tengah membangunl pasukannya dengan kekuatan para pemain muda.

Menjadi bagi tugas bagi Newcastle untuk menggoda De Jong. Pardew dan pemandu bakatnya harus meyakinkan pemain jebolan akademi muda Ajax itu. Liga Primer Inggris bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi De Jong. Apalagi, sejak memulai karier profesionalnya, ia terus menjadi bagian de Amsterdammers. Liga Inggris bisa menawarkan petualangan baru bagi mantan penggawa tim nasional Belanda U-21 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement