Ahad 20 Jan 2013 19:34 WIB

Barca Incar Pengganti Valdes

Rep: irfan fitrat/ Red: Heri Ruslan
Victor Valdes
Foto: AP/Siu Wu
Victor Valdes

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Victor Valdes memberikan kabar mengejutkan setelah tidak ingin memperpanjang kontraknya bersama Barcelona. Keputusan kiper berusia 31 tahun itu membuat Barca mulai mencari sosok penggantinya.

Kontrak Valdes memang baru akan berakhir pada 2014. Akan tetapi, Barca sudah mulai memantau pemain lain sebagai kandidat pengganti kiper utamanya. Daily Mail melansir, Sabtu (19/1), Klub Katalan itu mengincar penjaga gawang Liverpool, Pepe Reina.

"Barcelona diperkirakan bergerak mendatangkan Pepe Reina pada musim panas (Juni mendatang," berikut laporan Daily Mail.

Soal pengalaman, Reina tidak kalah dengan Valdes. Pemain berusia 30 tahun itu sudah sejak 2005 menjadi kekuatan utama di bawah mistar gawang Liverpool. Sebelumnya, Reina juga menjadi andalan klub Spanyol, Villarreal, selama tiga musim.

Kiper berkepala plontos itu bahkan mengungguli Valdes dengan menjadi pilihan kedua tim nasional Spanyol di bawah Iker Casillas.

Reina memang bukan sosok asing bagi Barcelona. Kiper kelahiran Madrid itu merupakan jebolan akademi muda Barca, La Masia. Pada musim 2000/01, Reina mulai menjalani debutnya bersama skuat La Blaugrana senior. Namun pada 2002, ia memutuskan untuk bergabung dengan Villarreal.

Performa Reina bersama skuat Villarreal mendapat perhatian Liverpool. Kariernya kemudian makin berkembangan dengan skuat asal Merseyside itu. Selama tujuh musim lebih, Reina seakan tidak tergantikan sebagai pilihan utama menjaga gawang the Reds. Akan tetapi musim ini, beberapa kali Liverpool dikabarkan akan melepas Reina.

Barca tampaknya ingin memanfaatkan celah itu. Apalagi, skuat besutan pelatih Tito Vilanova tak lama lagi akan kehilangan Valdes. Reina dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menjadi penerus rekannya di La Masia itu. Akhir musim nanti, Barca kabarnya akan mencoba untuk memboyong Reina kembali ke Spanyol.

Bukan hanya Reina yang dilaporkan masuk dalam daftar pengganti Valdes. The Sun melansir, Sabtu (19/1), Barca juga tengah memantau kiper muda asal Belgia, Thibaut Courtois. Pemain berusia 20 tahun itu saat ini tengah memperkuat Atletico Madrid dengan status pinjaman dari Chelsea. Selama masa peminjamannya sejak musim lalu, Courtois langung mendapat kepercayaan sebagai starter.

Dalam musim debutnya bersama Atletico, Courtois turun dalam 52 pertandingan di berbagai kompetisi. Mantan pemain Racing Genk ini bisa menorehkan catatan 23 kali clean sheets. Ia ikut mengantarkan tim ibu kota Spanyol itu meraih gelar Liga Eropa 2011/12 dan juga Piala Super Eropa 2012. Hingga saat ini, Courtois tetap menjadi pilihan utama dalam skuat besutan pelatih Diego Simeone.

Potensi Courtois ini ternyata menarik perhatian Barca. The Sun melansir, Klub Katalan akan menyiapkan dana sekitar 10 juta poundsterling untuk memboyong dia ke Camp Nou.

Selain tampil menjanjikan, usia Courtois juga masih muda dan mempunyai pengalaman di kompetisi internasional. Karena itu, Barca mulai mempertimbangkan untuk mendatangkan penggawa tim nasional Belgia itu.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 7 7 0 0 23 18 21
2 Real Madrid Real Madrid 7 5 2 0 16 11 17
3 Atletico Madrid Atletico Madrid 7 4 3 0 11 8 15
4 Mallorca Mallorca 8 4 2 2 8 2 14
5 Villarreal Villarreal 7 4 2 1 14 0 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement