Kamis 24 Jan 2013 22:11 WIB

Buffon Resmi Perpanjang Kontrak: Kejutan untuk Pengabdi Turin

Rep: Angga Indrawan/ Red: Heri Ruslan
Gianluigi Buffon
Foto: fanpop.com
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, Raut muka penjaga gawang veteran Juventus, Gianluigi Buffon, sumringah mendapat kejutan manis dari klubnya terkait kontraknya yang bakal habis pada Juni 2013 ini.

Sang penjaga gawang yang meyakini kontraknya hanya bakal diperpanjang selama setahun, mendapatkan kehormatan saat manajemen klub, Rabu (23/1) waktu setempat mempercayakannya bakal memperkuat La Vecchia Signora hingga akhir musim 2014-2015.

Penghargaan dan kepercayaan yang diberikan klub pun tak ayal makin menegaskan dirinya bakal sepenuh hati mengabdi untuk Si Nyonya Tua. Buffon berkeyakinan, Juventus merupakan labuhan terakhir di sisa usianya yang kian senja. Dengan perpanjangan kontrak tersebut, Buffon dipastikan bakal mengukir 14 musim karirnya bersama Juventus.

"Aku tidak pernah sekalipun berniat meninggalkan klub ini, sulit membayangkan jika aku harus berseragam klub lain," ujar penjaga gawang 34 tahun tersebut seperti dilansir Football Italia, Rabu (23/1).

Buffon resmi memperpanjang kontraknya di Juventus Arena hingga 2015. Ia pun mengaku tak keberatan ketika Juve memangkas gajinya menjadi 4 juta euro (Rp 51 miliar miliar) dari gaji sebelumnya yang mencapai 6 juta euro (Rp 77 miliar).

Pemain sekaligus kapten Bianconeri itu pun mengaku sangat terhormat ketika menandatangani kesepakatan perpanjangan kotrak tersebut. Bayangannya melintasi ruang dan waktu menuju saat ia pertama kali menjajakan kakinya di Juventus pada 2001 silam.

"Saat pertama kali datang, aku berpikir apakah mampu memberikan yang terbaik untuk tim ini," ujar penjaga gawang yang diboyong dari Parma seharga 33 juta pounds (Rp 502,5 miliar) pada 2001 tersebut.

Buffon kini hanya berharap untuk tetap mampu tampil prima di tiga musim terakhirnya. Kendati demikian, ia pun tetap berharap dirinya masih mampu memperkuat tim nasional Italia hingga Piala Eropa 2016 mendatang. "Aku ingin mencapai ke sana, tapi aku tidak tahu apa yang terjadi nanti pada 2015," tambah pemain bertinggi 191 cm tersebut.

Resminya perpanjangan kontrak Buffon pun disambut suka cita oleh manajemen klub. Presiden Juventus, Andrea Agnelli pun mengaku bahwa perpanjangan kontrak tersebut merupakan buah dari perjuangan sang pemain selama ini.

"Aku tidak meminta ia menorehkan apapun di sini. Sebab ia telah menorehkan namanya dalam sejarah Juventus," ujar Agnelli dalam konferensi pers seperti dikutip Sky Sports Italia, Rabu (23/1).

Menurut Agnelli, Buffon memiliki karakter dan keinginan yang besar untuk melanjutkan misi Juventus di musim ini. Padahal, kata Agnelli, Buffon sendiri sudah mempersembahkan banyak gelar termasuk lima scudetto sepanjang pengabdiannya. "Itu sekilas yang membuat kami ingin mempertahankannya," tambah Agnelli.

Dalam kesempatan tersebut, Agnelli pun menjamin bahwa Juventus merupakan rumah yang pintunya selalu terbuka meski ia pensiun nanti. Bahkan, ada satu harapan yang masih tersisa dalam benaknya, Agnelli sangat mengharapkan penghargaan Ballon d'Or dalam beberapa tahun mendatang

"Harapan saya Ballon d'Or menjadi miliknya. Sebagai bentuk pengakuan dunia terhadap perjalanan karirnya," tambah Agnelli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement