Senin 28 Jan 2013 18:59 WIB

Cape Verde Buat Kejutan di Piala Afrika

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi
Skuat Cape Verde.
Foto: supersport.com
Skuat Cape Verde.

REPUBLIKA.CO.ID, PORT ELISABETH -- Cape Verde melewati malam yang dramatis. Tubaroes Azuis (julukannya) meraih kemenangan tipis atas Angola dengan skor 2-1 pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala Afrika 2013 di Nelson  Mandela Bay Stadium, Port Elisabeth, Afrika Selatan, Ahad (27/1).

Pada laga tersebut, Cape Verde sempat tertinggal lebih dulu melalui gol bunuh diri kapten mereka sendiri Fernando Neves pada menit ke-33. Kedudukan berubah menjadi 1-0 dan bertahan hingga peluit panjang babak pertama dibunyikan.

Tubaroes Azuis baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-82 lewat sundulan Fernando Carela. Gol tersebut meningkatkan rasa percaya diri para pemain Cape Verde untuk terus menjebol gawang lawan. S

etelah pertandingan nyaris berakhir imbang, pemain pengganti Heldon Ramos akhirnya tampil sebagai pahlawan Tubaroes Azuis.  Tendangan keras dari Ramos di menit ke-90 tak bisa dibendung oleh kiper Angola Mamona Lama.

Sontak kemenangan itu langsung disambut gembira oleh seluruh pemain dan pelatih Cape Verde Lucio Antunes. Mereka pun lantas menyanyi dan menari di tengah lapangan.

‘’Ini adalah sebuah lagu tradisional yang saya dedikasikan untuk semua orang yang menyaksikan laga ini di rumah,’’ katanya seusai laga seperti dikutip Guardian, Senin (28/1).

Bagi Cape Verde, kemenangan ini sungguh dramatis dan bersejarah. Pasalnya, Cape Verde langsung lolos ke perempat final pada keikutsertaan perdana mereka pada ajang bergengsi se-Afrika itu.

Smentara, nasib berbeda justru dialami Angola. Black Impalas (julukannya) harus menelan pil pahit yakni tunduk di tangan negara baru peserta Piala Afrika 2013.

''Ini adalah akhir yang dramatis dan saya sangat menyesal kami kalah,'' kata pelatih Angola Gustavo Ferrin seperti dikutip Guardian, Senin (28/1).

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Cape Verde mendampingi Afrika Selatan mewakili Grup A melaju ke perempat final Piala Afrika 2013. Mereka mengumpulkan lima poin dari tiga pertandingan dan berada di peringkat kedua di bawah tuan rumah Afrika Selatan yang memiliki nilai sama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement