Jumat 01 Feb 2013 20:47 WIB

Monreal, Amunisi Anyar The Gunners

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Fernan Rahadi
Nacho Monreal
Foto: sport.uk.msn.com
Nacho Monreal

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal mendapatkan tambahan kekuatan baru di akhir jendela transfer Januari. Skuat asal London kedatangan pemain bertahan tim nasional Spanyol, Ignacio Monreal Eraso, atau yang lebih dikenal dengan Nacho Monreal.

"Monreal telah setuju bergabung dengan the Gunners untuk kontrak jangka panjang," berikut keterangan dalam laman resmi Arsenal, Kamis (31/1).

BBC Sport melaporkan, Arsenal memboyong Monreal dari Malaga dengan harga sekitar 10 juta poundsterling atau senilai Rp 153,8 miliar. Kontrak jangka panjangnya diperkirakan selama empat setengah tahun.

Pelatih Arsenal Arsene Wenger mengatakan, sudah lama memantau perkembangan Monreal. Bek berusia 26 tahun itu membela Malaga sejak Juni 2011. Sepanjang kariernya bersama klub berjuluk Los Boquerones itu, Monreal sudah tampil dalam 54 laga di berbagai kompetisi.

Wenger menilai amunisi anyarnya sebagai sosok berpengalaman. "Dia tentu saja akan menambah kekuatan kami di sisi pertahanan," kata dia.

Monreal biasa beroperasi di posisi bek kiri. Wenger sedang mengalami masalah di sektor pertahanan itu. Pada laga melawan Liverpool, tengah pekan ini, Kieran Gibbs mengalami cedera paha. Ia diperkirakan akan absen selama tiga pekan. Wenger memang masih mempunyai Andre Santos. Akan tetapi, bek asal Brasil itu masih belum menunjukkan performa maksimal.

Melihat situasi ini, Wenger memutuskan untuk memboyong Monreal. Ia meyakini mantan pemain Osasuna itu merupakan sosok ideal untuk menambal kekuatan di lini belakang.

Arsitek asal Prancis itu menilai Monreal sebagai bek kiri yang bisa mengumpan dengan baik dan mumpuni dalam duel di udara. "Dia bek kiri yang kuat dan mempunyai pengalaman bagus," ujar dia.

Tidak hanya berbekal jam terbang di tataran klub, Monreal juga berpengalaman di level internasional. Pemain kelahiran Pamplona ini pernah memperkuat tim nasional (timnas) Spanyol U-19 dan U-21. Ia juga pernah sembilan kali membela skuat senior La Furia Roja. Melihat pengalamannya ini, Wenger tidak ragu untuk mendatangkannya ke Stadion Emirates.

Bagi Monreal, bergabung dengan Arsenal akan memberikan tantangan baru. Untuk pertama kalinya ia membela tim di luar tanah Spanyol. Sejak 2005 hingga 2011, ia menjadi bagian dari Osasuna.

Monreal kemudian memutuskan hengkang ke Malaga dan membantu timnya meraih tiket ke Liga Champions untuk pertama kalinya. Ia juga ikut berperan mengantarkan Los Boquerones menembus babak 16 besar Champions musim ini.

Monreal bukan satu-satunya pemain asal Spanyol yang memperkuat skuat Arsenal. Ia akan bertemu dengan kompatriot senegaranya, Santi Cazorla dan Mikel Arteta.

Monreal tentu sudah mengenal sosok Cazorla. Gelandang tim nasional Spanyol itu sebelumnya juga merupakan pemain Malaga. Cazorla sudah terlebih dulu bergabung dengan Arsenal pada awal musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement