Sabtu 02 Feb 2013 17:56 WIB

Erick Thohir: Syamsir Alam Wakili Nama Besar Indonesia

Rep: satria kartika yudha/ Red: Heri Ruslan
 Pemilik DC United Erick Thohir saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Sabtu (2/2).   (Republika/Agung Fatma Putra)
Pemilik DC United Erick Thohir saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Sabtu (2/2). (Republika/Agung Fatma Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik DC United Erick Thohir berharap Syamsir Alam bisa menunjukkan yang terbaik ketika sudah bergabung dengan tim.

Di DC United, Alam memiliki tantangan besar untuk dapat bersaing di kompetisi Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS).Erick mengatakan, Alam akan mewakili nama besar Indonesia di kancah sepak bola internasional, khususnya Amerika Serikat.

Alam harus bisa membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki pesepak bola yang andal. "Ini kesempatan bagi Indonesia untuk membuktikan ke dunia bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa pecundang. Saya berharap Alam bisa memberikan yang terabaik," kata Erick di Jakarta, Sabtu (2/2).

Erick menambahkan, Alam juga bisa menjadi pembuka pintu bagi pemain Indonesia lainnya untuk dapat berkarir di MLS. Jika Alam bisa tampil bagus dan mengesankan, bukan tak mungkin DC United ataupun tim lainnya di MLS akan melirik pemain-pemain Tanah Air lainnya.

Ditegaskan Erick, Alam direkrut tim berjuluk The Eagles untuk tim utama. Meski begitu, Erick tak bisa menjamin sang pemain akan langsung mendapatkan tempat utama di skuat.

"Walaupun saya pemilik, saya bukan tipe orang yang ingin mengintervensi tim pelatih agar pemain bawaan saya bisa langsung menempati tim utama. Semua tergantung Alam," ucapnya.

Erick merinci, DC United sudah memiliki 27 pemain. Tantangan pertama Alam adalah untuk bisa masuk ke dalam daftar yang akan diturunkan pada setiap pertandingan. Karena, tambah Erick, sesuai regulasi MLS, setiap tim hanya boleh membawa 18 pemain untuk setiap pertandingan.

"Setidaknya bisa masuk ke daftar 18 pemain, entah untuk starter ataupun cadangan. Itu tantangannya," ujarnya. Perekrutan Alam ke DC United bukan tanpa pertimbangan matang. Pemain asal Agam, Sumatera Barat itu didatangkan karena sesuai dengan kebutuhan tim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement