Ahad 03 Feb 2013 20:52 WIB

Zaha Akhirnya Memilih Timnas Inggris

Rep: Rizkyjaramaya/ Red: M Irwan Ariefyanto
Wilfried Zaha
Wilfried Zaha

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Wilfried Zaha berkomitmen untuk melanjutkan karier internasionalnya di Inggris. Hal tersebut mendorong manajer timnas Inggris Roy Hodgson mengontrak Zaha dengan bayaran 15 juta poundsterling menjelang kualifikasi Piala Dunia. Selain itu, Zaha juga termasuk pemain yang diperhitungkan untuk membela Inggris di Piala Dunia Brasil tahun depan.

Seperti dilansir dalam laman Daily Mail, Ahad (3/2), pemain berusia 20 tahun tersebut akan bermain dengan timnas U-21 Inggris melawan Swedia pada Selasa (5/2). Selain itu, dia juga akan datang ke Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) untuk mengutarakan komitmennya bergabung dengan timnas Inggris.

Keinginannya untuk membela timnas Inggris sedikit menimbulkan "perang" antara Pantai Gading dan Inggris. Sebab, pemain sayap itu memiliki dua kewarganegaraan sehingga memungkinkannya untuk di kedua negara tersebut.

Zaha lahir di Abidjan, Pantai Gading dan tinggal disana sampai usia empat tahun. Kemudian, dia beserta keluarganya pindah ke Thornton Heath, Croydon, Inggris. Meskipun dia menghargai warisan budaya dari kedua orangtuanya, namun Inggris memberikan kesempatan untuk menempuh karir profesional sepakbola.

Sebuah sumber mengatakan, Zaha ingin bermain untuk Inggris. Namun di satu sisi, Pantai Gading sebagai negara kelahirannya juga memiliki arti penting bagi keluarganya. "Bahkan, Didier Drogba menghubunginya dan meminta Zaha bergabung dengan Pantai Gading," ujar sumber tersebut.

Bagi Zaha, Inggris sudah menjadi bagian terbesar dalam hidupnya. Dia yang notabene besar di Inggris, ingin terus berkarir dengan negara tersebut.  Zaha, mengawali karir juniornya bersama klub Crystal Palace. Kariernya bersama Palace berlanjut sampai dia menandatangani kontrak selama dua tahun sebagai pemain profesional pada April 2010 lalu.

Pada 25 Januari 2013, Zaha menandatangani kontrak untuk bermain di Liga Premier bersama dengan Manchester United dengan bayaran 10 juta poundsterling dan bonus sebesar 5 juta poundsterling. Dia akan mulai bergabung dengan United pada Juli 2013 dan saat ini, dia masih dipinjam oleh Crystal Palace

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 9 7 2 0 20 11 23
2 Liverpool Liverpool 8 7 0 1 15 12 21
3 Aston Villa Aston Villa 9 5 3 1 15 5 18
4 Arsenal Arsenal 8 5 2 1 15 7 17
5 Brighton Brighton 9 4 4 1 14 4 16
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement