Senin 04 Feb 2013 03:16 WIB

Hari Ini Kelahiran Klub Wender Bremen

Rep: Umi Lailatul/ Red: M Irwan Ariefyanto
klub wender bremen
Foto: wenderbremen
klub wender bremen

REPUBLIKA.CO.ID, BREMEN -- Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Wender Bremen. Pada 114 tahun yang lalu atau tepatnya 4 Februari  1899, klub yang bermarkas di Weser Stadion itu berdiri di Bremen, Jerman.

Wender Bremen didirikan oleh 16 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bremen. Saat itu, mereka mendirikan sebuah klub sepak bola dengan bekal peralatan olahraga yang mereka punya.

Niat mereka adalah untuk menyalurkan bakat para pemuda di bidang sepak bola di wilayah tersebut.

Kemudian, keenam belas siswa SMK itu pun mendirikan sebuah klub bernama Fuballverein Werder.

Fuballverein Werder diambil dari Bahasa Jerman yang memiliki arti Semenanjung Sungai. Nama itu diambil sebagai perwujudan markas pertama mereka yakni lapangan di dekat sebuah sungai.

Selang tujuh bulan kemudian atau tepatnya 10 September 1899, Die Werderane (julukan Bremen) melakoni laga perdana di ajang Bundes Liga. Pada debutnya, Die Werderane langsung unggul 1-0 atas rival sekotanya ASC Bremen 1898.

Pada laga debut inilah nama SV Wender Bremen akhirnya mulai digunakan. Wender Bremen sejak awal berdiri dikenal sebagai salah satu klub sukses di Jerman. Bremen hingga kini telah mengoleksi empat trofi Bundes Liga, enam trofi Piala Jerman, satu trofi Piala Liga. Bremen juga pernah meraih sukses di Eropa, ketika meraih Piala Winners 1992. Saat itu, mereka berhasil mengalahkan klub asal Prancis AS Monaco dengan skor 2-0 di partai final. Tak hanya itu, Bremen juga menyabet Piala Eropa 2009 usai mengalahkan tim asal Ukraina Shakhtar Donetsk dengan skor 2-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement