Kamis 07 Feb 2013 16:31 WIB

Luis Blanco: Indonesia Bisa Lahirkan 'Lionel Messi'

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Para pemain Timnas Indonesia yang turun pada laga persahabatan melawan Kamerun di Gelora Bung Karno, Sabtu (17/11).
Foto: ROL/Fafa
Para pemain Timnas Indonesia yang turun pada laga persahabatan melawan Kamerun di Gelora Bung Karno, Sabtu (17/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain masalah mental, fisik juga menjadi pembenahan utama Manuel Blanco jika menangani timnas Indonesia nanti. Pelatih asal Argentina itu menilai, postur tubuh pemain Indonesia yang terbilang kecil harus ditunjang dengan kekuatan fisik mumpuni.

Karena, kata Manuel Blanco, ia mengusung misi untuk memajukan sepak bola Indonesia bukan hanya di kancah Asia, melainkan juga dunia.

Secara khusus, ia mencontohkan bintang pesepak bola Argentina, seperti Lionel Messi, Sergio Aguero, dan Diego Maradona. Meskipun berpostur tidak besar, ketiga pemain itu dapat bersaing dan menjadi bintang di Eropa.

"Itu butuh fisik dan mental yang bagus. Tentu juga kedisiplinan dalam berlatih," ungkap Manuel Blanco di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/2).

Manuel Blanco menjelaskan, metode yang akan dilakukannya untuk menggembleng fisik pemain adalah dengan secara rutin memberikan pola latihan fisik pada setiap latihan. Metodenya, kata dia, tim akan dibagi menjadi dua grup saat sesi latihan. Grup pertama akan didampinginya untuk membicarakan taktik dan strategi, sedangkan grup lainnya dibimbing pelatih fisik.

"Minimal harus ada latihan fisik walaupun hanya satu jam. Karena, fisik harus dilatih secara rutin," tuturnya.

Manuel Blanco secepatnya akan bekerja sebagai tim pelatih timnas senior ataupun junior. Hanya saja, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin masih enggan berbicara pasti mengenai posisi Manuel Blanco apakah untuk menjadi pelatih kepala timnas atau lainnya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement