Kamis 07 Feb 2013 22:46 WIB

PSSI Andalkan Tenaga Bule

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
PSSI
Foto: Antara
PSSI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI tampaknya lebih mengandalkan tenaga pelatih asal luar negeri untuk meningkatkan prestasi tim nasional Indonesia.

Setelah Ketua Umum Djohar Arifin Husin memperkenalkan pelatih asal Argentina Luis Manuel Blanco pada Kamis (7/2) pagi, kini giliran Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang memperkenalkan dua pelatih asing Lionel Charbonier asal Prancis, dan Paolo Camargo asal Brasil.

Lionel Charbonier diproyeksikan menjabat Direktur Teknik timnas, sedangkan Paolo Camargo menjadi pelatih timnas U-14. Pengumuman keduanya dilakukan selang empat jam setelah Djohar memperkenalkan Luis Manuel Blanco pada pukul 11 pagi yang digadang-gadang akan mengisi posisi pelatih timnas senior Indonesia.

Bedanya, Lionel dan Camargo tinggal menunggu keluar Surat Keputusan (SK). Sedangkan Luis belum bisa dipastikan posisinya. Karena, penunjukkan Luis oleh Djohar tanpa ada komunikasi terlebih dahulu kepada Exco FIFA.

Anggota Exco PSSI Bob Hippy mengatakan, Lionel merupakan sosok yang tepat untuk mengisi jabatan direktur teknik. "Lionel dipilih tentu berdasarkan pertimbangan," kata Bob dikantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/2).

Lionel yang merupakan mantan kiper timnas Prancis era 1998 ini dianggap menjadi pilihan tepat karena memiliki kemampuan analisa permainan tim. Selain itu, Lionel juga memahami betul tekhnologi untuk mengukur grafis permainan suatu pemain.

Sambil menunjukkan grafis pertandingan timnas Indonesia melawan Irak  yang telah dicetak, Bob mempersilakan Lionel untuk menganalisa.

"Jadi nanti terlihat, sejauh ini para pemain timnas terlalu banyak bermain di area apa, dan lengah dimana. Itu yang akan dianalisa nanti untuk segera diperbaiki," kata Bob.

Selain alasan itu, penunjukkan Lionel juga dilatarbelakangi jalinan erat antara Lionel dengan AFC dan FIFA. 

"Diharapkan, koneksi kuat Lionel bisa mempermudah PSSI untuk mendapat dana bantuan dari FIFA yang dikucurkan dalam dua kali per tahun," katanya.

Mengenai Paolo Camargo, Bob mengatakan mantan pelatih Persibo Bojonegoro itu juga sangat tepat menjabat pelatih timnas U-14.   

Apalagi, tambah Bob, Paolo mempunyai ketertarikan untuk mengembangkan sepak bola Indonesia dengan melakukan pembinaan sejak dini. "Jadi sangat selaras dengan keinginan PSSI," tuturnya.

Lionel Charbonnier mengatakan, Indonesia dengan jutaan penduduk yang begitu besar cinta terhadap dunia sepak bola, sangat mungkin untuk lebih berkembang.

Dia pun tak segan menyebut potensi sepak bola Indonesia sebetulnya tidak kalah dari Jepang. Apalagi banyak pemain Indonesia yang memiliki kecepatan dan teknik yang bagus.

"Asalkan konsisten melakukan pembinaan, sepak bola Indonesia akan menjadi kekuatan di dunia. Namun, para pemainnya juga harus disiplin dalam berlatih," ujarnya.

Lionel menambahkan, suatu pemain juga harus bisa menjalin hubungan dengan pemain lain. Karena, tim sepak bola adalah keluarga bagi seorang pemain. "Saya pun akan membuat para pemain lebih 'enjoy' untuk bertanding," katanya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement