Senin 11 Feb 2013 06:15 WIB

Debut Gol Drogba di Pantai Gading

Rep: Umi Lailatul/ Red: M Irwan Ariefyanto
Didier Drogba
Didier Drogba

REPUBLIKA.CO.ID,YAMOUSSOUKRO--Hari ini, sepuluh tahun yang lalu atau tepatnya 11 Februari 2003 merupakan hari bersejarah bagi Didier Drogba.

Pada hari itu, Droga melakoni debutnya mencetak gol untuk tim nasional Pantai Gading. Sumbangan satu gol Drogba berhasil mengantarkan Pantai Gading meraih kemenangan atas tuan rumah Kamerun pada pertandingan persahabatan dengan skor 3-0.

Dua gol Pantai Gading lainnya dicetak oleh gelandang Tchiressoua Guel pada menit ke-37 dan penalti gelandang serang Bonaventure Kalou pada menit ke-83.

Karier Drogba sebagai pemain timnas sebenarnya sudah dimulai sejak 8 September 2002 saat Pantai Gading bertanding melawan Afrika Selatan di partai pembuka kualifikasi Piala Afrika 2004.

Sayangnya, penyerang berusia 34 tahun itu belum dapat mempersembahkan gol untuk pada laga perdananya. Pantai Gading harus puas bermain imbang atas tim kuat Afrika Selatan. Meski begitu, ia tampil cukup gemilang saat itu. Karena itulah, ia tetap dipercaya menduduki skuat utama Pantai Gading hingga akhirnya dapat mencetak gol perdana selang lima bulan kemudian.

Usai mencetak gol perdana untuk Pantai Gading, Drogba semakin menggila. Pada tahun itu, ia telah mencetak empat gol dalam tujuh kali penampilannya bersama Pantai Gading. Kehebatan itu terus berlanjut pada musim berikutnya hingga akhirnya Drogba berhasil menyandang ban kapten Pantai Gading pada ajang Piala Afrika 2006.

Ia tercatat telah menyumbangkan tiga gol pada ajang Piala Afrika 2006. Sayangnya, tiga gol itu belum bisa membawa negaranya meraih gelar juara Piala Afrika. Para Gajah harus puas menjadi runner up Piala Afrika 2006. Hingga kini, naluri Drogba mencetak gol masih tetap terjaga. Ia juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang massa Pantai Gading dengan 60 gol dari 95 penampilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement