Kamis 14 Feb 2013 07:25 WIB

Pentagon Buat Medali Baru Khusus Perang Drone dan Cyber

Drone (ilustrasi)
Foto: DEFENCE IMAGES
Drone (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Sejumlah pejabat tinggi pertahanan AS menyatakan Pentagon sedang membuat satu tipe medali baru yang bisa diserahkan sebagai penghargaan terhadap tentara yang terlibat langsung dalam operasi pertempuran meski ia melakukannya dari jarak jauh.

"Distinguished Warfare Medal", begitu nama medali menurut laporan AP, Kamis (14/2) akan diserahkan kepda individu-indivudu atas 'capaian luar biasa' terkait operasi militer. Tak seperti medali pertempuran biasanya, medali ini tak mengharuskan penerimanya merisikokan hidupnya.

Medali ini merupakan bentuk pengakuan terhadal perang Abad ke-21 yang terus berevolusi di mana ada 'tentara' khusus berperang lewat komputer dan layar-layar video.

Medali tersebut juga berpotensi diberikan kepada mereka yang bahkan tak pernah sekalipun menginjakkan kaki di zona perang, namun meluncurkan serangan drone dan serangan cyber yang bisa melumpuhkan dan membunuhkan musuh.

Pejabat yang mengungkapkan soal tipe medali baru ini menolak disebut namanya karena pengumuman resmi dari Pentagon belum dibuat.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement