Sabtu 16 Feb 2013 15:13 WIB

Pemain Muda Leeds United Pensiun Usai Mengaku Gay

Rep: Angga Indrawan/ Red: Djibril Muhammad
Robbie Rogers, Pemain Muda Leeds United mundur usai mengumumkan dirinya seorang Gay
Foto: theoriginalwinger.com
Robbie Rogers, Pemain Muda Leeds United mundur usai mengumumkan dirinya seorang Gay

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemain sayap Leeds United yang juga pemain timnas sepak bola Amerika Serikat, Robbie Rogers, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Keputusan tersebut diambilnya usai pemain yang kini dipinjamkan ke klub divisi tiga Inggris, Stevenage itu mengaku dirinya adalah seorang gay.

"Aku tidak bisa menutupi rahasia ini. Aku adalah gay, dan aku sepenuhnya akan meninggalkan dunia sepak bola," kata si pria gay dikutip New York Times, Sabtu (16/2).

Rogers masih terhitung muda untuk ukuran pesepak bola profesional. Pria kelahiran California ini masih berusia 25 tahun saat mengumumkan pensiunnya.

Kendati demikian, menurutnya, hal itu dilakukannya untuk menjadi pria bebas yang tak mendapat tekanan dari pihak manapun. Lantaran baginya, kalangan gay masih belum sepenuhnya dapat diterima banyak orang.

"Ini saatnya aku menemui jati diri saya," tambah pemegang 18 caps untuk tim Amerika Serikat tersebut.

Sementara itu, Asosiasi Sepak bola Inggris, FA, menyatakan mendukung sepenuhnya keputusan Rogers untuk memilih gantung sepatu.

Sebelum membela Leeds United pada awal musim ini, Rogers menghabiskan waktu singkat dengan klub Belanda Heerenveen pada musim 2006-2007. Kariernya terbilang cemerlang saat memperkuat klub Major League Soccer, Columbus Crew pada musim 2006 hingga 2007. 

Bersama Columbus, ia juga merengkuh trofi di musim terakhirnya di sana. Pemilik nama lengkap Robert Hampton Rogers itu juga masuk dalam skuat timnas AS di Piala Dunia Afrika Selatan 2010 meski belum pernah diturunkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement