Selasa 19 Feb 2013 01:05 WIB

Mantan Ketua Asosiasi Sepak Bola Cina Dihukum Seumur Hidup

Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA)
Foto: goal.com
Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Dua mantan ketua Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) mendapat skorsing seumur hidup akibat kasus suap yang membuat mereka dipenjara sejak Juni 2012 lalu.

Nan Yong, mantan ketua sepak bola Cina, dijatuhi hukuman penjara selama sepuluh setengah tahun karena menerima suap sebesar lebih dari 1,48 juta yuan. Sedangkan pendahulunya Xie Yalong, mendapat hukuman serupa dan juga didenda 200 ribu yuan.

Total, ada sebanyak 58 orang dihukum oleh komisi disiplin asosiasi tersebut, yang memuncaki aksi-aksi tegas selama tiga tahun untuk memberantas korupsi di olahraga tersebut.

Mantan wakil ketua CFA Yang Yimin dan wasit Piala Dunia Lua Jun, yang sempat disanjung sebagai "Peluit Emas" Cina, merupakan sebagian di antara 33 orang yang diskorsing seumur hidup dari sepak bola.

Empat mantan pemain tim nasional China Shen Si, Qi Hong, Jiang Jin, dan Li Ming, dihukum penjara selama enam tahun pada Juni karena terlibat pengaturan pertandingan. Mereka juga mendapatkan skorsing seumur hidup.

Sementara itu klub Shanghai Shenhua didenda satu juta yuan dan dikurangi enam angka untuk musim depan karena mengatur pertandingan saat mereka menjadi juara liga pada 2003.

CFA mengatakan klub yang baru saja kehilangan dua pemain bintang Didier Drogba dan Nicolas Anelka yang kembali ke Eropa tersebut juga akan kehilangan gelar yang mereka peroleh pada tahun 2003 itu.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement