Kamis 21 Feb 2013 15:59 WIB

Soal BTN, Exco PSSI Melunak

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Bob Hippy
Foto: Antara
Bob Hippy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Eksekutif (Exco) PSSI mulai membuka pintu dengan keberadaan Badan Tim Nasional (BTN). Exco pun tak memutup kemungkinan jika nantinya timnas benar-benar berada di bawah kelola badan yang kini diketuai Bupati Kutai Timur, Isran Noor.

Anggota Exco PSSI Bob Hippy mengatakan sangat mendukung segala upaya untuk meningkatkan prestasi timnas Indonesia. Exco menyatakan siap memberikan restu apabila BTN memang tulus dibentuk untuk mendongkrak prestasi Skuat Garuda.

"Selama tujuannya untuk kepentingan bangsa, kami pasti mendukung," kata Bob, Kamis (21/2).

Namun Bob menyayangkan keberadaan BTN yang sampai kini belum dikomunikasikan dengan jajaran Exco. Padahal sangat diperlukan adanya pemaparan program secara langsung dari Isran Noor.

Bob mengatakan, pengelolaan timnas bukanlah pekerjaan ringan. Karena selain timnas senior,  ada beberapa kategori timnas yang juga harus mendapat perhatian.

"Ada timnas U-14, U-16, U-18, U-20, dan U-23 selain timnas senior. Inilah yang harus dipikirkan bagaimana program dari BTN untuk mengembangkan potensi mereka," tambah Bob.

Mantan pemain timnas era 1960-an ini berharap agar Isran Noor sesegera mungkin menemui Exco. Selain untuk memaparkan program, pertemuan dengan Isran Noor juga harus dilakukan sebagai perkenalan. Karena, ungkap Bob, tidak mungkin seseorang bisa bekerja dengan orang lain tanpa terlebih dahulu bertemu dengan orang tersebut.

"Tak kenal maka tak sayang," katanya.

Meskipun demikian, Bob memastikan timnas yang akan berlaga melawan Arab Saudi pada 23 Maret mendatang bukan timnas bentukan BTN.

Dia mengatakan, hampir tidak mungkin untuk mencapai kesepakatan dan langsung menyerahkan kelola timnas kepada BTN ditengah mepetnya persiapan timnas untuk melakoni laga kedua kualifikasi Piala Asia 2015 nanti. Apalagi, para pemain yang telah didaftarkan ke AFC adalah pemain yang sebelumnya dirilis PSSI dan ditandatangai Sekretaris Jenderal PSSI Halim Mahfudz.

"Tapi bisa saja setelah melawan Arab Saudi. Pertandingan kan masih banyak," katanya.

Anggota Exco PSSI lainnya, Tuti Dau, berharap Exco segera menggelar rapat meluruskan permasalahan terbentuknya BTN. Ia mengaku tidak mempermasalahkan adanya BTN termasuk pemilihan Isran Noor sebagai Ketua BTN.

"Kalau memang tujuannya baik, kenapa tidak," ucapnya.

BTN terbentuk seiring keluarnya Surat Keputusan (SK) pengangkatan Isran Noor bernomor SKEP/08/JAH/I-2013 tertanggal 11 Januari 2013. Surat itu ditandatangani Ketua Umum PSSI DJohar Arifin Husin. SK tersebut menjelaskan, penunjukan Isran Noor didasarkan pada rapat Exco PSSI yang digelar pada 4 dan 27 Desember 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement