Jumat 22 Feb 2013 05:39 WIB

Pele Paksa Neymar Keluar dari Brasil

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: A.Syalaby Ichsan
Neymar
Foto: Reuters/Ueslei Marcelino
Neymar

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA  -- Legenda hidup sepak bola Brasil Pele, mendesak Neymar untuk serius menekuni kariernya di belantika sepakbola internasional. Pele menganggap pemain berusia 20 tahun tersebut terlalu santai. 

Pele yang bernama asli Edison Arantes do Nascimento  pun merasa khawatir pada masa depan Neymar yang sejak mengawali karier profesionalnya hanya memperkuat satu klub.

Di mata Pele, Neymar yang diprediksikan mampu mengguncang dunia dengan gocekan maut ini justru akan mentah bila tak segera pindah ke Eropa. “Dia harus segera mencicipi liga Eropa. Permainan level tinggi akan dia rasakan dan itu baik untuknya,” kata dia seperti dinukil dari The Sun Jumat (22/2).

Penilaian sang mutiara hitam bukan tanpa alasan. Performa gemilang yang Neymar hadirkan terbukti hanya bisa diperlihatkan kala bermain di liga domestik. Di luar Brasil, Neymar seolah tak bisa berbuat apa-apa.

Contoh teranyar adalah saat Brasil digebuk Inggris beberapa waktu lalu dalam sebuah pertandingan persahabatan di Stadion Wembley, London. “Ini bukan sekali, dirinya kerap kehilangan ritme saat bermain di luar Brasil,” tegas dia. 

Untuk itu, dia pun meminta Neymar agar segera hijrah ke luar Brasil namun dengan catatan,tidak memilih pindah ke Liga Inggris, Italia maupun Jerman.

 Menurutnya, permainan akan lebih sulit di Inggris, Italia dan Jerman bagi pemain seperti Neymar yang ahli dalam menggiring bola. Takel-takel keras yang terkadang tak membuat pluit berbunyi justru dikhawatirkan akan membuat karir Neymar tamat.

“Wasit akan membiarkan permainan terus berlanjut (meski ada pelanggaran) Neymar tak akan cocok di sana terutama di Inggris,” kata dia. Larangan secara lisan ini sengaja diutarakan Pele agar Neymar tak tergoda dengan rayuan Manchester City. Pasalnya pekan ini klub asal Liga Inggris tersebut menjanjikan mahar sebesar 55 juta poundsterling bagi Neymar jika sudi bergabung.

 Lantas, kemana pemain Santos ini harus merapat ?. Pele memaksa Neymar untuk bergabung dengan klub asal Spanyol, Barcelona. “Barcelona akan sangat cocok dalam mengembangkan karirnya,” kata dia. Dengan begitu, Neymar dapat belajar dari pemain seperti Lionel Messi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement