Selasa 26 Feb 2013 21:45 WIB

Debut Carlos di Skuat Samba

Rep: Umi Lailatul/ Red: M Irwan Ariefyanto
Carlos
Foto: soccer.net
Carlos

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini 21 tahun yang lalu atau tepatnya 26 Februari 1992 merupakan momen tak terlupakan bagi Roberto Carlos da Silva Rocha. Pada hari itu, Carlos melakoni debut- nya sebagai pemain belakang tim nasional (timnas) Brasil.

Usia Carlos masih sangat muda, yakni 18 tahun saat menjalani debut di skuat Samba. Hebatnya, bek kelahiran Garca, Sao Paulo, itu juga baru memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional selang dua tahun sebelumnya bersama Klub Seri B Uniao Sao Joao. Sontak, keputusan itu begitu mengejutkan bagi para pemain Brasil lainnya karena Carlos hanyalah pemain Seri B. Namun demikian, pelatih Brasil saat itu, Carlos Alberto Parreira, tetap berkukuh pada keputusannya.

Parreira memang sengaja merekrut pemain-pemain muda berbakat seperti Carlos. Ini dilakukan Parreira untuk peremajaan skuat Samba usai tampil mengecewakan di Piala Dunia 1990. Ternyata kepercayaan yang diberi - kan Parreira benar-benar dibuktikan Carlos.

Mantan bek kiri Palmeiras itu sukses memulai debutnya dengan tampil gemilang ketika Brasil harus meladeni Amerika Serikat (AS) pada pertandingan persahabatan di Sta- dion Fortaleza, Brasil. Ia berperan dalam menjaga pertahanan dari gempuran tim Negeri Paman Sam dan mengantarkan skuat Samba meraih kemenangan telak tiga gol tanpa balas. Berkat penampilan apiknya pada laga perdana, ia mendapatkan kepercayaan dari sang pelatih untuk bermain di skuat utama barisan pertahanan Brasil.

Seiring berjalannya waktu, Carlos terus membuktikan dirinya sebagai pemain be- lakang mumpuni dengan tendangan keras kaki kiri yang mematikan. Tak hanya menjaga pertahanan, ia juga turut menyumbangkan 11 gol dalam 125 penampilannya bersama Brasil. Mantan bek kiri Real Madrid itu juga turut membantu Brasil meraih dua kali juara Copa America (1997 dan 1999), juara Piala Konfederasi 1997, dan juara Piala Dunia 2002.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement