Ahad 03 Mar 2013 06:52 WIB

Kagawa Harumkan Asia di Inggris

Rep: irfan fitrat/ Red: Heri Ruslan
Shinji Kagawa (kiri), pemain Manchester United, mencetak gol usai memperdayai kiper Norwich City, Mark Bunn, dalam laga Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Sabtu (2/3).
Foto: Reuters/Darren Staples
Shinji Kagawa (kiri), pemain Manchester United, mencetak gol usai memperdayai kiper Norwich City, Mark Bunn, dalam laga Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Sabtu (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang Manchester United (MU) Shinji Kagawa mengharumkan nama Asia di kancah Liga Primer Inggris. Penggawa tim nasional Jepang itu menorehkan sejarah baru di kompetisi paling bergengsi di tanah Inggris itu.

Kagawa bermain gemilang dengan menyumbangkan tiga gol saat MU mengalahkan Norwich City, 4-0, Sabtu (2/3) di Stadion Old Trafford. Torehan itu menjadikan Kagawa sebagai pemain asal Asia pertama yang mencetak hattrick di ajang Liga Primer.

Performa gelandang berusia 23 tahun itu pun mendapatkan pujian pelatih MU Alex Ferguson. "Dia (Kagawa) sangat baik dalam melakukan penyelesaian akhir," kata Ferguson, seusai laga, seperti dilansir BBC Sport Football Live.

Gol pertama Kagawa terjadi pada masa injury time babak pertama yang bermula dari umpan tarik Antonio Valencia. Robin Van Persie tidak sempurna dalam mengontrol bola di kotak penalti, tetapi bola jatuh ke arah Kagawa. Mantan pemain Borussia Dortmund itu kemudian melepaskan tendangan yang mengecoh kiper Norwich, Mark Bunn. Gol Kagawa membawa MU unggul 1-0 hingga jeda turun minum.

Kagawa kembali memperlihatkan kualitasnya dalam menyelesaikan peluang gol. Pada menit ke-76, ia dengan tenang memanfaatkan umpan Wayne Rooney. Tendangannya kembali memperdaya Bunn. Kagawa kembali membuat kagum suporter MU di Old Trafford dengan hattricknya. Tiga menit jelang waktu normal berakhir, ia menerobos kotak penalti Norwich dan mencungkil bola melewati adangan kiper lawan.

Tepuk tangan suporter MU pun tertuju untuk Kagawa. Gelandang kelahiran Kobe itu mulai memperlihatkan kualitasnya kembali. Permasalahan cedera memang sempat menggangu langkah Kagawa pada musim debutnya bersama Iblis Merah. "Tapi dia perlahan dan secara bertahap menemukan performanya kembali. Gol kedua dan ketiganya sangat luar biasa," kata Ferguson.

Sejak bergabung dengan Dortmund, Kagawa baru tampil dalam 16 laga dengan koleksi lima gol di berbagai kompetisi. Cedera lutut pada Oktober lalu membuat mantan pemain Cerezo Osaka itu tersisih dari skuat MU.

Setelah pulih, Kagawa masih kesulitan untuk bisa kembali menembus barisan starter Iblis Merah. Namun hattricknya ke gawang Norwich bisa menjadi sinyal Kagawa untuk pelatihnya. Ferguson bisa jadi akan mempertimbangkan Kagawa untuk menempati skuat inti saat MU menjamu Real Madrid dalam laga led kedua babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement